FAKTOR APA YANG MEMENGARUHI KINERJA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH SELAMA COVID-19?

Nur Sugiarti, R. Moh. Qudsi Fauzi

= http://dx.doi.org/10.20473/vol8iss20213pp327-337
Abstract views = 153 times | downloads = 84 times

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini menguji pengaruh kewirausahaan Islam, entrepreneurial orientation, dan market orientation terhadap kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Penelitian ini dilakukan pada UMKM yang tergabung dalam One Kecamatan One Center of Entrepreneurship Indonesia (OK Oce Indonesia). Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 142 responden. Penelitian ini berdasarkan pendekatan kuantitatif melalui kuesioner yang diberikan kepada pemilik sekaligus pengelola UMKM. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dari software AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara kewirausahaan Islam, orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja UMKM. Temuan penelitian ini menegaskan bahwa kewirausahaan Islam merupakan faktor penting di antara faktor-faktor lain yang memengaruhi kinerja UMKM. Selain itu, temuan ini berkontribusi pada literatur kinerja UMKM yang dapat membantu pemilik sekaligus pengelola UMKM untuk meningkatkan kinerja bisnisnya.

Kata Kunci: kewirausahaan Islam, orientasi wirausaha, orientasi pasar, kinerja.

 

ABSTRACT

This study examines the effect of Islamic entrepreneurship, entrepreneurial orientation and market orientation on performance of micro, small, medium enterprises (MSMEs). This study is conducted on MSMEs  that are participate in One Kecamatan One Center of Entrepreneurship Indonesia (OK Oce Indonesia). Total sample  in this study is 142 respondents. The study based on quantitative approach through a questionnaire administered on the owner-managers of MSMEs. Data are analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) of the AMOS software. The result showed that there is a significant positive relationship between Islamic entrepreneurship, entrepreneurial orientation and market orientation on MSMEs performance. The findings of this study confirm that Islamic entrepreneuship is an important factor among other factors that have influenced over MSMEs performance. Moreover, this findings contribute to MSMEs performance literature that can help MSMEs owner-managers to improve their business performance.

Keywords: Islamic entrepreneurship, entrepreneurial orientation, market orientation, performance.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Sugiarti, Moh Qudsi Fauzi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

       logo ROAD

 

 Creative Commons License

 JESTT by Universitas Airlangga is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

JESTT