FAKTOR RESIKO DAN KARAKTERISTIK INFANTIL HEMANGIOMA DI RSUD DR. SOETOMO TAHUN 2015-2019

infantile hemangioma multiple gestation family history birth weight gestational age maternal health medicine

Authors

July 1, 2021

Downloads

Highlights:

  1. Usia ibu, riwayat keluarga, dan penggunaan obat prekonsepsi, dapat menjadi faktor risiko yang signifikan dalam perkembangan hemangioma infantil pada anak-anak.
  2. Pemahaman tentang faktor-faktor risiko ini dapat membantu dalam diagnosis, pengawasan, dan perawatan yang lebih baik bagi anak-anak yang mengalami hemangioma infantil.

Abstrak:

Latar Belakang: Di Indonesia, data mengenai faktor risiko hemangioma infantil ini masih belum terdokumentasikan dengan baik. Namun dengan adanya data demografis, faktor-faktor prenatal dan perinatal pada pasien hemangioma infantil dapat membantu klinisi untuk mendalami patogenesis kelainan ini dengan lebih baik. Diharapkan dalam penelitian ini, adanya data demografis ini dapat membantu peneliti lainnya untuk melakukan analisis lebih lanjut mengenai patogenesis, diagnosis, tatalaksana, maupun luaran pasien dengan hemangioma infantil.

Metode:Penelitian ini merupakan studi case control. Sebanyak 67 subyek hemangioma infantil dan 134 subyek hemangioma non infantil diambil dari data rekam medis. Data yang diambil yaitu jenis kelamin pasien, berat badan, usia ibu saat hamil, usia kehamilan saat melahirkan, riwayat multipel gestasi, riwayat penggunaan obat-obatan saat kehamilan dan riwayat keluarga dengan hemangioma infantil. Kemudian dianalisis secara univariat, bivariat dan multivariat dengan program spreadsheet Microsoft Excel SPSS 21.

Hasil: Risiko hemangioma infantil meningkat dengan usia ibu, terutama pada ibu berusia 22-30 tahun (4,257 kali lebih besar dibandingkan dengan ibu di bawah 22 tahun) dan lebih dari 30 tahun (9,960 kali lebih besar dibandingkan dengan ibu di bawah 22 tahun). Riwayat keluarga dengan hemangioma atau kelainan vaskular juga meningkatkan risiko (14,175 kali lebih besar daripada yang tidak memiliki riwayat serupa).Penggunaan obat prekonsepsi selama kehamilan juga berkontribusi pada risiko (4,914 kali lipat). Hemangioma infantil lebih umum pada orang Melayu daripada orang Cina.

Kesimpulan: Hemangioma infantil dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti jenis kelamin, ras, usia ibu, riwayat keluarga, dan penggunaan obat-obatan selama kehamilan. Tidak ada hubungan yang signifikan antara riwayat multipel gestasi dengan hemangioma infantil.

Most read articles by the same author(s)