Education and Training of Posyandu Cadres on Multisensory Stimulation in Infants

Ilya Krisnana, Praba D. Rachmawati, Iqlima D. Kurnia, Kristiawati Kristiawati

= http://dx.doi.org/10.20473/pmnj.v4i1.11745
Abstract views = 33 times | views = 39 times

Abstract


Pendahuluan: Perkembangan merupakan aspek penting dalam kehidupan anak terutama dalam tahun pertama kehidupan bayi. Keterampilan tentang stimulasi multisensory harus dimiliki oleh orang yang memiliki peran penting dalam memberikan informasi tentang kesehatan kepada ibu-ibu di masyarakat yaitu Kader posyandu

Metode: Kegiatan dilakukan melalui pendidikan kesehatan dan pelatihan kepada kader Posyandu. Evaluasi dilakukan menggunakan kuesioner pre dan post test.

Hasil: Terdapat peningkatan rerata nilai hasil kuesioner dari skor rerata 7,65 menjadi 9,6.

Diskusi :Kader kesehatan merupakan penyambung atau penyedia informasi kesehatan primer kepada masyarakat secara langsung. Peran kader sebagai penyedia informasi harus ditunjang oleh pengetahuan dan pemahaman yang kuat tentang materi stimulasi multisensory.


Keywords


kader; posyandu; stimulasi multisensori

Full Text:

PDF

References


Arifin, Hidayat. 2017. Pengaruh Pendidikan Kesehatan: Participant modeling terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Ibu dalam Stimulasi Multisensori pada Bayi. Skripsi. Surabaya : Universitas Airlangga.

Gabis, L., 2015. The Influence of Multisensory Intervention for Preterm Infant Provided by Parents, on Developmental abilities and on Parental Stress Levels. J Child Neurol, 30(7), pp.896–903.

IDAI, 2013. Ikatan Dokter Anak Indonesia: Keterlambatan Perkembangan Umum Pada Anak.

Suparyanto, 2011. Konsep Pengetahuan, diakses tanggal 10 Oktober 2017 dari http://drsuparyanto.blogspot.co.id/2011/08/ko

nsep-pengetahuan.html.

White, T.R., Nelson, M. & Silvestri, J., 2002. Effect of Auditory, Tactile, Visual, and Vestibular Intervention on Length of Stay, Alertness, and Feeding Progression in Preterm Infants. Dev Med Child Neurol, 44, pp.91–97.

White, T.R., Schwertz, D. & McFarlin, B., 2009. Salivary Cortisol and Behavioral State Responses of Healthy Newborn Infants to Tactile-only and Multisensory Interventions. J Obstet Gynecol Neonatal Nurs, 38, pp.22–34.

WHO, 2014a. Integrating Early Childhood Development (ECD) Activities Into Nutrition Programmes in Emergencies. Why, What anfd How (Guidance note). , pp.1–16. Available at: http://www.who.int/mental_health/emer gencies/ecd_note.pdf.

WHO, 2014b. WHO Global Estimates on Prevalence of Hearing Loss.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Pediomaternal Nursing Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

This journal is indexed by:

 

 

Creative Commons License

This journal (p-ISSN:2355-1577; e-ISSN:2656-4692) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License


 View My Stats