Metode Role play Meningkatkan Pengetahuan dan Tindakan Pertolongan Pertama Luka Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Daerah Rawan Bencana
Downloads
Introduction: Knowledge and skill of school age children is still lack about first aid of wound. The purpose of this study was to determine the effect of role play methodtowards knowledge and wound first aid skill on student. The aim of experiment is to study the effect of role play method towards knowledge and wound first aid skill on student.
Methods: The design used in this study was quasi-experimental quasi-eksperimental pretest-posttest control group design. The samples were gathered using simple random sampling method consisted of 50 students based on the inclusion criteria which were divided into experimental and control groups. The independent variable was health education using role play methods and the dependent variables were knowledge and first aid wound skill. The data were analyzed by using Wilcoxon Signed Rank Test and Mann Whitney U Test with level significance α<0,05.
Results: The Wilcoxon Signed Rank Test results showed that there were enhancement for knowledge (p=0.000) and first aid wound skill(p=0.000) for post intervention toward the experimental group. These data were strengthened by the result of Mann Whitney U Test statistical analysis that showed the significant differences for knowledge (p=0.000) and action application of open wounds care (p=0.000).
Conclusion: It can be concluded that health education using role play methods affected knowledge and wound first aid skill on student. The suggestion for the further experiment is to compare role play methods with other health education methods to find out effective methods of health education for student.
Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Definisi dan Jenis Bencana - Badan Nasional Penanggulangan Bencana. 2017.
Masykur AM. Potret Psikososial Korban Gempa 27 Mei 2006 (Sebuah Studi Kualitatif di Kecamatan Wedi dan Gantiwarno, Klaten). 2006;3(1):36–44.
Dirgantara, Candra Ria et al. Kartu Dokter Kecil Keluarga Indonesia (Dokkelin) Sebagai Media Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Sekolah Dasar. J Ilm Mhs. 2013;3 No.1(1):7–10.
Riskesdas. RISET KESEHATAN DASAR. Ris Kesehat Dasar 2013. 2013;
Chang SSM, Symons RCA, Ozanne-smith J. Child road traf fi c injury mortality in Victoria , Australia ( 0 – 14 years ), the need for targeted action. Injury. 2018;49(3):604–12.
Notoatmodjo S. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.
Azwar S. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar; 2009.
Rizky AS, Edy R. Pengaruh Penerapan Metode Simulasi Terhadap Kecakapan Pertolongan Pertama Pada Kedaruratan (P3K) Pada Siswa Tunagrahita Di SLB/C Taman Pendidikan Dan Asuhan JEMBER. 2015;7.
Tamara Y, Hendri P, Angina W. Hal ini sejalan dengan penelitian Hendri dan Putra (2015) bahwa sebagian besar responden yang pengetahuannya kurang belum pernah mendapatkan informasi penanganan kegawatdaruratan secara lengkap dari sumber informasi formal. 2015;
Palang Merah Indonesia. Pedoman Pertolongan Pertama. edisi 4. Markas Pusat Palang Merah Indonesia; 2009.
Triananda K. Pentingnya Pengetahuan P3K Untuk Anak - BeritaSatu.com. 2013.
Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2012.
Green L, Kreuter M. Health Promotion Planning. An Educational and Environmental Approach. Mountain View: Mayfield Publishing Co.; 1991.
Nursalam, Efendi F. Pendidikan Dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika; 2008.
Khairani R. Perbandingan Efektifitas Penyuluhan Kesehatan Gigi Metode Dongeng (Storytelling) Dengan Metode Bermain Peran (Role play) Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. 2017;3–5.
Yuliana A. Implementasi Metode Role play Dalam Peningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Posisi Bulan dan Kenampakan Bumi Dari Hari ke Hari Di Kelas IV SD Negeri Bringin 01. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga; 2012.
Chussurur, Mifta Hidayat, Thulus Agustin RW. Pengaruh pemberian cerita melalui media audiovisual terhadap. Universitas Sebelas Maret Surakarta; 2011.
Nursalam. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. 4th ed. Jakarta: Salemba Medika; 2016.
Wong SD., Winkelstein, Hockenberry. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. edisi 6. 2009.
Febriani K. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dalam Pemilihan Jajan Pada Anak Usia Sekolah 7-9 Tahun Desa Ngantru Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. 2018;3:481–91.
Sunaryo. Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: EGC; 2004.
Lestari SAW. Pengaruh Penyuluhan Jajan Sehat Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Gonilan Kartasura. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2015.
Fadhilah D, Ninuk T, Hartini S, Gunawan IMA. Efektifitas Penyuluhan tentang Sayuran Menggunakan Media " Kartu Sayuran ” terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar. 2017;15(September):100–5.
Ariwitari N., Kristiantari MG. Pengaruh Metode Pembelajaran Role playing Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar PKN kelas V SD Gugus 1 Tampaksiring. 2014;
Maulidiyah SR. Efektivitas Metode Bermain Peran Terhadap Tingkat Pengetahuan HIV / AIDS ( Studi di SMK Nusa Bhakti Semarang ). Universitas Negeri Semarang; 2015.
Hamdayama J. Model dan Model Pembelajaran yang Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia; 2014.
Baroro K. Upaya Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Role playing. Jakarta: Rineka Cipta; 2011.
Effendi N. Dasar-Dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat. Edisi 2. Jakarta: EGC; 2012.
Edyati L. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan dengan Media Media Video Terhadap Pengetahuan dan Sikap Personal Hygiene Siswa SD Negeri 1 Kepel Pengasih Kulon Progo. 2014;
Hendra A. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan; 2008.
Kartini T. Penggunaan Metode Role playing untuk Meningkatkan Minat Siswa dalam Pembelajaran. 2007.
Irianti YNE. Pengaruh Metode Role play Terhadap Self Care Management Resiko Jatuh Pada Lansia Di Rw II Kelurahan Manyar Sabrangan Surabaya. Universitas Airlangga; 2015.
Sugihartono, Fathiyah KN, Harahap F, Setiawati FA, Nurhayati SR. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press; 2007.
Copyright (c) 2019 Wirahadi Saputra, Ilya Krisnana, Iqlima Dwi Kurnia, Tiyas Kusumaningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
1. The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions.
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution (CC BY).