Improving Knowledge of Posyandu Cadre About PMT to Prevent Malnutrition on Children
Downloads
Pendahuluan: Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya gizi buruk pada balita adalah dengan memberikan makanan tambahan (PMT) yang tepat bagi anak. Pemahaman tentang pemenuhan nutrisi bagi balita dapat diperoleh melalui adanya informasi yang berupa penyuluhan dari tenaga kesehatan saat mengikuti kegiatan Posyandu
Metode: Kegiatan dilakukan melalui pendidikan kesehatan dan pelatihan kepada kader Posyandu. Evaluasi dilakukan menggunakan kuesioner pre dan post test.
Hasil: Terdapat peningkatan rerata nilai hasil kuesioner dari skor rerata 75 menjadi 80.
Diskusi : Kader kesehatan merupakan penyambung atau penyedia informasi
kesehatan primer kepada masyarakat secara langsung. Peran kader sebagai penyedia informasi harus ditunjang oleh pengetahuan dan pemahaman yang kuat tentang materi yang akan diinformasikan
Dinas Kesehatan Jawa Timur (2015). Profil Kesehatan Propinsi Jawa Timur.
--------------. 2010. Status Gizi. https://creasoft.wordpress.com/2010/01/ 01/status-gizi/
Jevuska, 2007. Pengertian, Peran dan Fungsi Kader Kesehatan. Diakses tanggal 10 Oktober 2017 dari https://www.jevuska.com/2007/06/15/ peran-dan-fungsi-kader-kesehatan/
Sistiarani, C., Nurhayati, S. & Suratman, 2013. Peran Kader Dalam Penggunaan Buku Kesehatan Ibu Dan Anak, Kesmas 8(2), pp 99-105.
Suparyanto, 2011. Konsep Pengetahuan, diakses tanggal 10 Oktober 2017 dari http://drsuparyanto.blogspot.co.id/2011/08/ko nsep-pengetahuan.html.
RISTEK DIKTI. 2017. Panduan Pelaksanaan Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Perguruan Tinggi. KEMENRISTEK DIKTI.
Copyright (c) 2019 Ilya Krisnana, Praba D. Rachmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
1. The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions.
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution (CC BY).