PENGARUH BRAND AMBASSADOR, SALES PROMOTION DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE

Brand Ambassador Sales Promotion Brand Awareness Keputusan Pembelian

Penulis

  • Oky Pujianto
    okypuji123@gmail.com
    Mahasiswa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tidar, Indonesia
  • Andhatu Achsa Dosen Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tidar, Indonesia
  • Ivo Novitaningtyas Dosen Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tidar, Indonesia

Semakin banyaknya e-commerce yang ada di Indonesia menjadikan persaingan diantara para e-commerce semakin ketat. Shopee merupakan e-commerce yang ada di Indonesia yang berhasil menempati posisi pertama sebagai platform e-commece pilihan masarakat indonesia pada tahun 2022, selain itu pada kuartal pertama tahun 2022 Shopee juga mengalami peningkatan pendapat mencapai 64,4 persen serta shopee mengalami peningkatan nilai transaksi bruto sebesar 38.7 persen. Keputusan pembelian yang dilakukan pada E-commerce ini menjadi faktor penting dari adanya pencapaian peningkatan yang diraih oleh e-commerce shopee tentunya sebelum konsumen melakukan transaksi konsumen akan mempertimbangkan dari aspek brand ambassador, sales promotion, dan juga brand awareness. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini melalui survei secara langsung kepada 150 responden penelitian dengan menggunakan Uji Asumsi Klasuk dan Uji Regresi Linear Berganda dengan bantuan alat olah data SPSS 24. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel brand ambassador, sales promotion dan brand awareness berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian di e-commerce Shopee. Hasil Uji f menunjukan hasil bahwa variabel brand ambssador, sales promotion, dan brand awareness secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian di e-commerce Shopee.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama