PENGARUH BRAND AMBASSADOR, SALES PROMOTION DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE
Unduhan
Semakin banyaknya e-commerce yang ada di Indonesia menjadikan persaingan diantara para e-commerce semakin ketat. Shopee merupakan e-commerce yang ada di Indonesia yang berhasil menempati posisi pertama sebagai platform e-commece pilihan masarakat indonesia pada tahun 2022, selain itu pada kuartal pertama tahun 2022 Shopee juga mengalami peningkatan pendapat mencapai 64,4 persen serta shopee mengalami peningkatan nilai transaksi bruto sebesar 38.7 persen. Keputusan pembelian yang dilakukan pada E-commerce ini menjadi faktor penting dari adanya pencapaian peningkatan yang diraih oleh e-commerce shopee tentunya sebelum konsumen melakukan transaksi konsumen akan mempertimbangkan dari aspek brand ambassador, sales promotion, dan juga brand awareness. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini melalui survei secara langsung kepada 150 responden penelitian dengan menggunakan Uji Asumsi Klasuk dan Uji Regresi Linear Berganda dengan bantuan alat olah data SPSS 24. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel brand ambassador, sales promotion dan brand awareness berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian di e-commerce Shopee. Hasil Uji f menunjukan hasil bahwa variabel brand ambssador, sales promotion, dan brand awareness secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian di e-commerce Shopee.
Andriani, D. (2019) ‘Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Marketplace Deni Andriani Program Studi Manajemen'. Available at: https://doi.org/10.2568/yum.v5i1.1602.
Ansari, S., Ansari, G., Ghori, M. U., & Kazi, A. G. (2019). Impact of Brand Awareness and Social Media Content Marketing on Consumer Purchase Decision. Journal of Public Value and Administration Insights, 2(2), 5–10. https://doi.org/10.31580/jpvai.v2i2.896
Amin, A. M., & Yanti, R. F. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, Gaya Hidup, Country Of Origin dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Korea Nature Republic. INVEST: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 1-14.
Ardiansyah, F., & Sarwoko, E. (2020). How social media marketing influences consumers purchase decision: A mediation analysis of brand awareness. JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 17(2), 156-168.
Brestilliani, L., & Suhermin, S. (2020). Pengaruh Brand Awareness, Brand Ambassador, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Stiesia). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 9(2).
Darmayanti, N. P. D., Kawiana, I. G. P., & Suartina, I. W. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 2(1), 258-270.
Diawati, P. et al. (2021) ‘Pengaruh brand ambassador dan viral marketing terhadap proses keputusan pembelian pada konsumen marketplace', JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(4), p. 560. Available at: https://doi.org/10.29210/020211245.
Durianto, Darmadi,dkk. 2001. Strategi Menaklukan Pasar Dengan Melalui Riset Ekuitas Dan Perilaku Merek. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama (E-Books)
Faircloth, J.B., Capella, L.M. and Alford, B.L. (2001) ‘The Effect of Brand Attitude and Brand Image on Brand Equity', Journal of Marketing Theory and Practice, 9(3), pp. 61–75. Available at: https://doi.org/10.1080/10696679.2001.11501897.
Farhani, H., Raihan, R. and Sekarini, R.A. (2022) ‘Pola Konsumsi Generasi Milenial Dalam Belanja Online (E-Commerce) Pada Masa Pandemic Covid 19', Kinerja, 4(1), pp. 32–40. Available at: https://doi.org/10.34005/kinerja.v4i1.1700.
Hair, J.F., Jr., R.E. Anderson, R.L., Thatam & W.C. Black. 1998. Multivariate Data Analysis. ed. Englewood Cliffs. NJ: Prentice Hall
Istiani, N. and Islamy, A. (2020) ‘Fikih Media Sosial Di Indonesia', Asy Syar'Iyyah: Jurnal Ilmu Syari'Ah Dan Perbankan Islam, 5(2), pp. 202–225. Available at: https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1586.
Irawan, I. A., & Kamil, I. (2022). Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia Ditinjau Dari Pengaruh Faktor Promosi Penjualan, Brand Image, Dan Harga. Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK), 2(2), 9-18.
Kangean, S. and Rusdi, F. (2020) ‘Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Persaingan E-Commrece di Indonesia', Prologia, 4(2), p. 280. Available at: https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6504.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (Vol. 1, No. 2). Jilid.
Kotler, P., dan Keller, K.L. (2012). Marketing Management . New Jersey : Pearson Education, Inc.
Lea-Greenwood, Gaynor. 2012. Fashion Marketing Communications E-book. Somerset, NJ, USA: Wiley.
Milaković, Kursan I. (2021) ‘Purchase experience during the COVID-19 pandemic and social cognitive theory: The relevance of consumer vulnerability, resilience, and adaptability for purchase satisfaction and repurchase', International Journal of Consumer Studies, 45(6), pp. 1425–1442. Available at: https://doi.org/10.1111/ijcs.12672.
Naruliza, E., & Suseno, R. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tokopedia Di Kota Palembang. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 17(1), 97-108.
Osak, D. J., & Pasharibu, Y. (2020). Pengaruh Brand Ambasador Dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Online Dengan Mediasi Brand Awareness. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 9(2020), 357-380.
Prasetyo, P.E. (2016) ‘BRAND AMBASSADOR DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG DIMEDIASI OLEH CITRA MEREK', Nature Methods, 7(6), p. 2016. Available at: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26849997%0Ahttp://doi.wiley.com/1
Priansa, DJ. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Pustaka Setia
Ramadayanti, F. (2019) ‘Peran Brand Awereness terhadap Keputusan Pembelian Produk', Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 6(2), pp. 111–116. Available at: https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6690.
Rani, E. M., & Prijati, P. (2022). PENGARUH BRAND AMBASSADOR, BRAND IMAGE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE SHOP SHOPEE. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 11(8).
Rohmah, M. and Lubis, E.E. (2018) ‘Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Situs Jual Beli Online Elevenia', Jurnal E-Komunikasi, 5(2), pp. 1–13. Available at: https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/21536/0.
Selly, S. et al. (2019) ‘Pengaruh Iklan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Situs Belanja Online Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa Semester Vi Program Studi Sarjana Manajemen Stie Sultan Agung)', SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan, 7(1), pp. 46–55. Available at: https://doi.org/10.37403/sultanist.v7i1.136.
Sebastian, I. Y., Wardana, K. A., & Lestari, S. P. (2022). Pengaruh Brand Ambassador BTS dan Brand Trust terhadap Brand Image Tokopedia: Survei pada Masyarakat Pemgguna Marketplace Tokopedia di Kabupaten Ciamis. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(9), 3036-3041.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi, 33. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Wardani, R. K., & Manalu, M. (2021). Pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 3(04), 88-95.
Wirakanda, G. G., & Pardosi, A. (2020). Pengaruh Sales Promotion terhadap keputusan pembelian (studi kasus di Blibli. com). Pro Mark, 10(1).
Hak Cipta (c) 2023 Airlangga Journal of Innovation Management

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- The journal allows authors to hold copyright without restrictions and retain publication rights without restrictions. The author retains the copyright and grants the first publication rights to the journal, with his work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA). This license allows others to share the work with acknowledgment of authorship and initial publication in this journal, provided that the work is not used for commercial purposes and that any derivative works must use the same license.
- Authors may enter into additional contractual agreements for non-exclusive distribution of the journal publication version (e.g., uploading it to an institutional repository or publishing it in book form), while still including acknowledgment of the initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to upload their work online (e.g., in an institutional repository or personal website) before and during the submission process. This can support productive scientific exchanges as well as increase citations to published works.

AJIM by UNAIR is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.