Analysis Factors Influence Compliance Behavior of Drug Prevention and Drug Compliance on Tuberculosis Patient Based on Health Belief Model

HBM kepatuhan pencegahan penularan kepatuhan pengobatan TB Paru

Authors

August 12, 2020

Downloads

Pendahuluan: Penularan TB dan kegagalan dalam pengobatan dapat berdampak pada sulitnya pemberantasan penyakit TB Paru serta memperberat beban pemerintah dan rawan menyebarluas di masyarakat. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor yang berperan dalam kepatuhan pencegahan penularan dan pengobatan pada pasien TB paru dengan pendekatan teori health believe model.

Metode: Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional dengan 120 responden yang menjalani pengobatan pada fase intensif dan lanjutan. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji multivariat yaitu dengan regresi logistik.

Hasil: Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah faktor yang berhubungan dengan kepatuhan pencegahan penularan adalah usia (0.042;OR=4.372), persepsi kerentanan (0.045;OR=0.289), pada kepatuhan pengobatan adalah sosial ekonomi (0.006), persepsi keseriusan (0.024;OR=0.109), persepsi kerentanan (0.009;OR=0.773),  pendidikan (0.034;OR=4.674).

Kesimpulan: Usia dan pendidikan merupakan faktor dominan pada model (HBM) terkait pencegahan penularan dan pengobatan pada TB paru. Diperlukan media pendidikan dalam upaya peningkatan pengetahuan pencegahan dan pengobatan TB Paru.