Pelatihan Kapasitas diri Positif Remaja bagi Guru SMA di Kabupaten Jember
Downloads
Sekolah adalah tempat dimana remaja dapat belajar dan mengembangkan kapasitas positif diri. Sekolah menjadi saluran sosialisasi hidup yang penting bagi remaja karena remaja menghabiskan rata-rata waktu delapan jam di sekolah. Dalam konteks tersebut maka guru berperan penting menjadi orang yang dapat menjadi sumber pengetahuan dan pendamping ketika remaja mengembangkan kapasitas positif dirinya. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatan pengetahuan dan keterampilan guru Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam mendampingi remaja mengembangkan diri secara positif. Metode yang digunakan pada kegiatan ini meliputi pendidikan, pelatihan, dan penugasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa sebanyak 88 persen peserta mampu mendesain kegiatan Positive Youth Development untuk diterapkan disekolahnya.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Benson, P. L., Scales, P. C., Hamilton, S. F., & Sesma, A. J. (2006). Positive Youth Development: Theory, Research, and Applications. Dalam R. M. Lerner & W. Damon (Ed.), Handbook of child psychology: Theoretical models of human development (hal. 894–941). Hoboken, NJ: John Wiley & Sons Inc.
BPS Jawa Timur. (2017). Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Jawa Timur Menurut Kabupaten/Kota. Diakses dari https://jatim.bps.go.id/dynamictable/2018/04/17/403/indeks-pembangunan-manusia-provinsi-jawa-timur-menurut-kabupaten-kota-2010-2017-metode-baru-.html
Eichas, K., Montgomery, M. J., Meca, A., & Kurtines, W. M. (2017). Empowering marginalized youth: A self"transformative intervention for promoting positive youth development. Child Development, 88(4), 1115-1124. https://doi.org/10.1111/cdev.12866
Greenberg, M. T., Weissberg, R. P., O'Brien, M. U., Zins, J. E., Fredericks, L., Resnik, H., & Elias, M. J. (2003). Enhancing school-based prevention and youth development through coordinated social, emotional, and academic learning. American psychologist, 58(6-7), 466. https://doi.org/10.1037/0003-066X.58.6-7.466
Kamaruzzaman. (2016). Analisis Faktor Penghambat Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(2), 229–242. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31571/sosial.v3i2.367
Kautz, T., Heckman, J. J., Diris, R., Weel, B. T., & Borghans, L. (2014). Fostering and Measuring Skills : Improving Cognitive and Non-Cognitive Skills to Promote Lifetime Success. OECD Education Working Papers. https://doi.org/10.1787/19939019
Larson, R. W. (2000). Toward a psychology of positive youth development. American psychologist, 55(1), 170. https://doi.org/10.1037/0003-066X.55.1.170
Lutz, Wolfgang; Butz, William P.; Samir, K. (2014). World Population and Human Capital in the Twenty-First Century. Laxenburg: IIASA.
Ningrum, L. R. (2013). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Konsep Diri Remaja pada Siswa Kelas X di SMKN 2 Malang. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Nursalim, M. (2017). Peran Konselor dalam Mengantisipasi Krisis Moral Anak dan Remaja Melalui Pemanfaatan Media "Baru”. Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 1(2), 59-65. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v1n2.p59-65
Shechtman, Z., Levy, M., & Leichtentritt, J. (2005). Impact of life skills training on teachers' perceived environment and self-efficacy. The Journal of Educational Research, 98(3), 144-155. https://doi.org/10.3200/JOER.98.3.144-155
Taylor, R. D., Oberle, E., Durlak, J. A., & Weissberg, R. P. (2017). Promoting positive youth development through school"based social and emotional learning interventions: A meta"analysis of follow"up effects. Child development, 88(4), 1156-1171. https://doi.org/10.1111/cdev.12864
Weissberg, R. P., & O'Brien, M. U. (2004). What works in school-based social and emotional learning programs for positive youth development. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 86-97. https://doi.org/10.1177/0002716203260093
INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental is a periodical journal publisher with Open Access principles and Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0); therefore, the copyright remains with the author.
With this license, anyone has the right to use any information and re-distribute the content of this journal for any purposes, including commercial purposes. This can be done as long as the person satisfies the following two conditions; (1) the person is obliged to provide a proper attribution by citing the original source and indicate any changes they have made; and (2) the person is strictly not allowed to make any restrictions, both legal and technological limitations, that restrict others to have the same level of distribution rights.
The manuscript copyright remains with the author; therefore, INSAN JPKM do not and will not request for copyright transfer on all published manuscripts in INSAN JPKM.