Pengaruh Regulasi Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Penerima Bantuan Bidikmisi di Universitas Airlangga

Addiena Hafidza Nurillah, Achmad Chusairi

= http://dx.doi.org/10.20473/jpkm.V3I22018.62-72
Sari views = 596 times | downloads = 297 times

Sari


Remaja yang tumbuh dengan kondisi kemiskinan seringkali dikaitkan dengan perkembangan yang maladaptif. Mahasiswa Bidikmisi sebagai remaja dari keluarga miskin yang mampu bangkit dan memiliki prestasi di bidang akademik adalah sebuah kasus yang menarik untuk dipelajari. Penelitian-penelitian sebelumnya mengenai prestasi akademik yang dimiliki mahasiswa Bidikmisi banyak dikaitkan dengan motivasi berprestasi. Usaha pencapaian prestasi tak luput dari kemampuan individu dalam meregulasi dirinya demi mencapai tujuan yang diinginkan. Penelitian ini memiliki fokus untuk mencari tahu pengaruh dari tingkat regulasi diri yang dimiliki mahasiswa Bidikmisi terhadap motivasi berprestasi. Data didapatkan dengan metode survei menggunakan kuesioner berisi skala Regulasi Diri dan skala Motivasi Berprestasi yang disusun sendiri oleh peneliti dengan sampel sebanyak 294 mahasiswa Bidikmisi angkatan 2018 di Universitas Airlangga. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat regulasi diri memiliki pengaruh secara positif terhadap motivasi berprestasi yang dimiliki mahasiswa Bidikmisi di Universitas Airlangga.

Kata Kunci


Bidikmisi; Motivasi Berprestasi; Regulasi Diri

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Apranadyanti, N. (2010). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas X SMK Ibu Kartini Semarang. Skripsi: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, Semarang.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. (2016). Data Statistik. Retrieved Oktober 27, 2018, from Kementerian PPN/ Bappenas: https://www.bappenas.go.id/id/data-dan-informasi-utama/data-dan-statistik1/sumber-daya-manusia-dan-kebudayaan/

Badan Pusat Statistik. (2018). Badan Pusat Statistik. Retrieved Oktober 25, 2018, from Badan Pusat Statistik: https://www.bps.go.id/

Bandura, A. (1991). Social Cognitive Theory of Self-Regulation. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 248-287.

Bempechat, J., Graham, S. E., & Jimenez, N. V. (1999). The Socialization of Achievement in Poor and Minority Students. Journal of Cross-Cultural Psychology, 30(2), 139-158.

Central Intelligence Agency. (2017). Central Intelligence Agency. Retrieved Oktober 25, 2018, from The World Factbook: https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/rankorder/2119rank.html

Chusairi, A. (2017). Konstruksi Identitas Diri Remaja Miskin: Analisis Diskursif Pada Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.

CNBC Indonesia. (2018, April 16). RI Masuk Daftar Negara Biaya Pendidikan Termahal di Dunia. Retrieved Oktober 27, 2018, from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20180416125235-33-11142/ri-masuk-daftar-negara-biaya-pendidikan-termahal-di-dunia

Cohen, L. (1976). Educational Research in Classroom and Schools: A Manual of Materials and Methods. San Francisco: Harper & Row Publishers.

Doostian, Y., Fatahi, S., Goudini, A. A., A'zami, Y., Massah, O., & Daneshmand, R. (2014). The Effectivenes of Self-Regulation in Students's Academic Achievement Motivation. Practice in Clinical Psychology, 2(4), 261-269.

Evans, G. W., & Kim, P. (2013). Childhood Poverty, Chronic Stress, Self-Regulation, and Coping. Child Development Perspectives, 7, 43-48.

Grant, A. M. (2012). An Integrated Model Of Goal-Focused Coaching: An Evidence-Based Framework for Teaching and Practice. International Coaching Psychology Review, 146-165.

Gutman, L. M., & Midgley, C. (2000). The Role of Protective Factors in Supporting the Academic Achievement of Poor African American Students During the Middle School Transition. Journal of Youth and Adolescence, 29(2), 223-248.

Haushofer, J., & Fehr, E. (2014, may 23). On the Psyholocy of Poverty. Science, 344(6186), pp. 862-867.

Heckhausen, J., & Heckhausen, H. (n.a). Cambridge University Press. Retrieved from www.cambridge.org: https://www.cambridge.org/0521852595

Isnaini, F. (2017). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Penyesuaian Diri Santri Pondok Pesantren di Surakarta. Skripsi.

Itang. (2017, Januari). Faktor-faktor Penyebab Kemiskinan. Tazkiya, 16(01), 1-30. Retrieved Oktober 27, 2018, from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tazkiya/article/view/206

Jackson, D. N., Ahmed, S. A., & Heapy, N. A. (1976). Is achievement a unitary construct? Journal of Research in Personality, 1-21.

Kaplan, A. (2008). Achievement Motivation. In E. M. Anderman, Psychology of Classroom Learning: An Encyclopedia (pp. 13-17). Detroit: GALE Cengage Learning.

Kuriyah. (2016). Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi Jurusan FE-UM. Malang: Universitas Negeri Malang.

Kuyper, H., Van der Werf, M., & Lubbers, M. (2000). Motivation, meta-cognition, and self-regulation as predictors of long-term educational attainment. Educational Research and Evolution, 181-205.

Langley, S. R., & Bart, W. M. (2008). Examining Self-Regulatory Factors that Influence the Academic Achievement Motivation of Underprepared College Students. Research and Teaching in Developmental Education, 25, 10-22.

Latham, G. P. (2012). Motivate Employee Performance Through Goal-Setting. In E. Locke, Handbook of Principles of Organizational Behavior: Indispensable Knowledge for Evidence-Based Management. Wiley.

Lever, J. P., Pinol, N. L., & Uralde, J. H. (2005). Poverty, Psychological Resources and Subjective Well-Being. Social Indicators Research, 375-408.

Masten, A. S., & Coatsworth, J. D. (1998). The Development of Competence in Favorable and Unfavorable Environments: Lessons From Research on Successful Children. American Psychologist, 227-238.

McClelland, D. C. (1987). Human Motivation. Cambridge: Cambridge University Press.

Miller, R. B., & Brickman, S. J. (2004). A model of future-oriented motivation and self-regulation. Educational Psychology Review, 9-33.

Nurfitriana, P. (2016). Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Tahun Pertama di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi.

Ormrod, J. E. (1995). Human Learning (Second ed.). New Jersey: Prentice-Hall.

Pintrich, P. R. (2000). The Role of Goal Orientation In Self-Regulated Learning. In M. Boakerts, M. Zeidner, & P. R. Pintrich, Handbook Of Self-Regulation (pp. 451-502). San Diego, California: Academic Press.

Pintrich, P. R., & Schunk, D. H. (2002). Motivation in Education. Englewood Cliffs: Prentice Halls.

QS Quacquarelli Symonds. (2014). Study in Indonesia | Top Universities. Retrieved Juli 13, 2019, from QS Top Universities: https://www.topuniversities.com/where-to-study/asia/indonesia/guide

Retnaningtyas, S. (2017). Perbedaan Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Antara Mahasiwa Bidikmisi dan Reguler di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Malang, Jawa Timur: Universitas Negeri Malang. Retrieved Oktober 28, 2018, from http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ASP/article/view/58257

Ristekdikti. (2018, Januari). Panduan Bidikmisi 2018: Fitur Pendaftar. Jakarta.

Rosiana, D. (2011). Penyesuaian Akademis Mahasiswa Tingkat Pertama. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM: Sosial, Ekonomi, dan Humaniora, 491-496.

Rozaldi, A. (2019). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Bidikmisi Universitas Airlangga. Skripsi.

Seif, A. (2008). Modern Educational Psychology. Tehran: Doran Publication.

Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. (2018, Agustus 17). Anggaran Pendidikan 2019 Rp 487,9 Triliun, Pemerintah Akan Beri Beasiswa Bagi 20 Juta Lebih Siswa. Retrieved Oktober 27, 2018, from Sekretariat Kabinet Republik Indonesia: http://setkab.go.id/anggaran-pendidikan-2019-rp4879-triliun-pemerintah-akan-beri-beasiswa-bagi-20-juta-lebih-siswa/

Sucahyo, A. Y., & Muhammad, H. N. (2014). Perbandingan Prestasi Belajar Akademik Antara Mahasiswa Bidik Misi dan Mahasiswa Non Bidik Misi. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 02, 266-268. Retrieved Oktober 28, 2018, from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/viewFile/8233/8429

Sugiyanto. (2009). Kontribusi Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Akademik Siswa Keals XI SMA Negeri 10 Semarang. Paradigma, 19-34.

Wadsworth, M. E., & Compass, B. E. (2002). Coping With Economic Strain and Family Conflict: The Adolescent Perspective. Journal of Resilient Adolescence, 243-274.

Wulan, D. K., & Negara, W. R. (2018, Oktober). Pengaruh Regulasi Diri Terhadap Penyesuaian Diri Pada Siswa Pondok Pesantren MA Husnul Khotimah. JPPP: Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 7(2), 99-93.

Yusliana, S. (2015). Perbandingan Prestasi Akademik Mahasiswa Bidik Misi Dengan Mahasiswa Reguler Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah Tahun Akademik 2010/2011-2011/2012. Banda Aceh, Indonesia. Retrieved Oktober 28, 2018, from http://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=12991

Zimmerman, B. J. (2000). Attaining Self-Regulation: A Social Cognitive Perspective. In M. Boekaerts, P. R. Pintrich, & M. Zeidner, Handbook of Self-Regulation (pp. 13-35). San Diego, CA: Academic Press.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

INSAN JPKM Telah Terindeks:

   
  

 

INSAN JPKM Telah Terdaftar Dengan:

p-ISSN:2528-0104 ; e-ISSN 2528-5181


Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

Statistik Jurnal

Lihat Statistik