Peranan Religiusitas dalam Menjelaskan Intensi Membeli Kosmetik Berlabel Halal

Lita Indah Cahyani, Dewi Syarifah

= http://dx.doi.org/10.20473/jpkm.V5I22020.142-149
Sari views = 1012 times | downloads = 521 times

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan religiusitas terhadap intensi membeli kosmetik berlabel halal. Religiusitas adalah tingkat konsepsi dan komitmen seseorang terhadap agamanya. Sedangkan, intensi membeli adalah indikasi seberapa kuat keyakinan seseorang untuk mencoba suatu perilaku dan mengupayakan perilaku tersebut. Penelitian ini dilakukan pada 183 wanita Muslim di Surabaya. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah adaptasi skala religiusitas berjumlah 19 aitem sedangkan intensitas membeli menggunakan skala yang berjumlah 8 aitem. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara religiusitas dengan intensi membeli kosmetik berlabel halal.


Kata Kunci


Halal-labelled Cosmetics; Purchase Intention; Religiosity

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ajzen, I. (2005). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179-211.

Bonne, K., & Verbeke, W. (2006). Muslim consumer's motivations towards meat consumption in Belgium: qualitative exploratory insights from means-end chain analysis. Anthropology of Food, 5, 2-24.

Daily, I. (2018, Maret 20). Berita Industri. Diunduh dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia: http://www.kemenperin.go.id/artikel/18957/Industri-Kosmetik-Nasional-Tumbuh-20

Glock, C., & Stark, R. (1985). Religion and Society in Tension. Chicago: University of California.

Gumbri, D. T., & Noor, N. M. (2016). The Acceptance Level of Halal Cosmetic Products Among Malaysian Consumers.

Handayani, M. S. (2016, Juli 7). Wawancara. Diunduh dari Mei 3, 2019, from tirto.id: https://tirto.id/kesuksesan-kosmetik-halal-tak-lepas-dari-kesuksesan-hijab-brvN

Haque, A., Anwar, N., Tarofder, A. K., Ahmad, N. S., & Sharif, S. R. (2018). Muslim consumers' purchase behavior towards halal cosmetic products in Malaysia. Management Science Letters , 8(12), 1305- 1318. doi:10.5267/j.msl.2018.9.009

Ismail, I., Abdullah, N., Ahmad, Z., & Sidek, N. L. (2016). Halal Principles and Halal Purchase Intention Among Muslim Consumers. Proceedings of the 3rd International Halal Conference (INHAC 2016) (pp. 131-138). Malaysia: Springer Nature Singapore Pte Ltd. doi:https://doi.org/10.1007/978- 981-10-7257-4_12

Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Consumer Markets and Buying Behavior. Dalam P. T. Kotler, & G. Armstrong, Principles of Marketing (p. 159). Harlow: Pearson Education Limited.

Mason, M. J., Schmidt, C., & Mennis , J. (2012, Desember). Dimensions of Religiosity and Access to Religious Social Capital: Correlates with Substance Use Among Urban Adolescents. The Journal of Primary Prevention, 33(5-6), 229-237. doi:10.1007/s10935-012-0283-y

Mohezar, S., Zailani, S., & Zainuddin, Z. (2016). Halal Cosmetics Adoption Among Young Muslim Consumers in Malaysia: Religiosity Concern. Global Journal Al- Thaqafah, 6(1), 47-59. doi:10.7187/GJAT10220160601

Mukhtar, A., & Butt, M. M. (2012). Intention to Choose Halal Products: The Role of Religiosity. Journal of Islamic Marketing, 3, 108-120. doi:10.1108/17590831211232519

Pallant, J. (2007). SPSS survival manual - A step by step guide to data analysis using SPSS for windows (3rd ed). Maidenhead : Open University Press.

Paramitha, N. (2017, Februari 9). Beauty. Diunduh dari sociolla.com: https://journal.sociolla.com/beauty/label-cruelty-free-no-animal-testing/

Pencarian Produk Halal. (2019). Diunduh dari halalmui.org: http://www.halalmui.org/mui14/index.php/main/ceklogin_halal/produk_halal_masuk/1

Putri, R. D. (2017, October 23). Gaya Hidup. Diunduh dari December 7, 2018, from tirto.id: https://tirto.id/indonesia-target-pasar-seksi-k-beauty-di-asia-cyRj

Rahman, A. A., Asrarhaghighi, E., & Rahman, S. A. (2015). Consumers and Halal Cosmetics Products: Knowledge, Religiosity, Attitude and Intention. Journal of Islamic Marketing, 6(1), 148-163. doi:10.1108/JIMA-09-2013-0068

Saabar, S. S., & Ibrahim, S. B. (2014). The Knowledge of Halal and Advertising Influence on Young Muslims Awareness. International Proceedings of Economics Development and Research, 73, 36-39.

Said, M., Hassan, F., Musa, R., & Rahman, N. (2014). Assessing Consumers’ Perception, Knowledge and Religiosity on Malaysia's Halal Food Products. Social and Behavioral Sciences, 120-128. doi:https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.015

Sarosa, A. P. (2018, Desember 27). Cantik. Diunduh dari tempo.co: https://cantik.tempo.co/read/1159359/alasan-wanita-indonesia-lebih-suka-produk- kecantikan-asal-korea/full&view=ok

Setiyowati, H., Rinuastuti, H., & Saufi, A. (2017). Analisis Pengaruh Promotion Mix Terhadap Behavior Intention Dengan Religiosity Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Konsumen Kosmetik Wardah Di Kota Mataram). Jurnal Magister Manajemen Universitas Mataram.

Zap Beauty Index. (2018). ZAP Clinic. Diunduh dari https://zapclinic.com/zapbeautyindex/2018


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

INSAN JPKM Telah Terindeks:

   
  

 

INSAN JPKM Telah Terdaftar Dengan:

p-ISSN:2528-0104 ; e-ISSN 2528-5181


Lisensi Creative Commons

Atribusi 4.0 Internasional

Statistik Jurnal

Lihat Statistik