Peranan Religiusitas dalam Menjelaskan Intensi Membeli Kosmetik Berlabel Halal

Halal-labelled Cosmetics Purchase Intention Religiosity

Authors

  • Lita Indah Cahyani Fakultas Psikologi, Universitas Airlangga, Surabaya.
  • Dewi Syarifah
    indan+dewi.syarifah@psikologi.unair.ac.id
    Fakultas Psikologi, Universitas Airlangga, Surabaya.
3 November 2020

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan religiusitas terhadap intensi membeli kosmetik berlabel halal. Religiusitas adalah tingkat konsepsi dan komitmen seseorang terhadap agamanya. Sedangkan, intensi membeli adalah indikasi seberapa kuat keyakinan seseorang untuk mencoba suatu perilaku dan mengupayakan perilaku tersebut. Penelitian ini dilakukan pada 183 wanita Muslim di Surabaya. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah adaptasi skala religiusitas berjumlah 19 aitem sedangkan intensitas membeli menggunakan skala yang berjumlah 8 aitem. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara religiusitas dengan intensi membeli kosmetik berlabel halal.