Sistem Ketahanan Pangan Daerah pada Masa Pandemi Covid-19 : A Literature Review

Covid-19 ketahanan pangan pandemi sistem ketahanan pangan

Authors

  • Muhammad Ziddan Zaelani Departemen Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga
  • Qonita Rachmah
    qonita.rachmah@fkm.unair.ac.id
    Departemen Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga
20 November 2021

Downloads

ABSTRAK

Latar Belakang: Ketahanan pangan merupakan isu pokok dalam pemenuhan kesejahteraan masyarakat karena akan menentukan kestabilan ekonomi, sosial, dan politik dalam suatu negara. Pandemi Covid-19 membuat segala aspek kehidupan cenderung mengarah pada situasi Adaptasi Kebiasaan Baru. Sehingga, membuat perubahan situasi hampir di semua aspek kehidupan, termasuk perubahan pola rantai pasokan pangan. 

Tujuan:Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sistem ketahanan pangan yang dilakukan dibeberapa daerah yang dapat digunakan dimasa pandemi Covid-19. 

Metode: Metode yang dipakai yaitu Literature Review yaitu penelitian dengan melakukan telaah terhadap beberapa artikel baik nasional maupun internasional. 

Hasil: Terdapat beberapa sistem ketahanan pangan yang dapat diterapkan di masa pandemi Covid-19 sesuai dengan kondisi dimasing-masing wilayah.

Kesimpulan: Kesimpulan yang didapat adalah sistem ketahanan pangan berbeda-beda sesuai kondisi ekonomi wilayah, sumber daya manusia, kondisi geografis masing-masing wilayah terdampak.


Most read articles by the same author(s)