PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALAT PEMASARAN BAGI UMKM DI KECAMATAN KEDUNGPRING, KABUPATEN LAMONGAN, JAWA TIMUR

online marketing promotion social media

Authors

29 June 2020

Downloads

This community service aims to give some solutions for marketing problems of UMKM in Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Partners face issues related to promotions, especially promotions through social media. Therefore, training about online marketing is given to partners. Partners are able to practice online marketing well, also improve online marketing techniques knowledge indicated by pre-test and post-test given by team.

Abstrak

Pengabdian masyarakat melalui program PKM ini bertujuan untuk membantu memberikan solusi bagi persoalan yang dihadapi mitra, dalam hal ini persoalan pemasaran untuk menambah omzet UMKM di Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Solusi yang ditawarkan dalam bentuk pelatihan pemasaran online melalui media sosial. Indikator keberhasilan dalam program ini adalah mitra yang dilatih mampu menjelaskan pemasaran online melalui media sosial dengan baik. Pelatihan terkait teknik-teknik berpromosi melalui media sosial juga akan dilakukan agar pengetahuan mitra semakin bertambah. Selain itu disediakan lembar kerja untuk memonitor aktivitas mitra dan mengukur efektivitas penyampaian materi dari tim kepada mitra. Luaran dari program ini adalah artikel yang dipublikasikan di jurnal nasional atau prosiding.