DISASTER RISK MANAGEMENT: UPAYA PREVENTIF DALAM MEMBENTUK PERSEPSI MASYARAKAT MERESPON PANDEMI COVID-19

Covid-19 Disaster Risk Management Public Perception

Authors

  • Djoko Adi Prasetyo
    djokoadi.prasetyo@fisip.unair.ac.id
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga, Indonesia
  • Falih Suaedi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga, Indonesia
31 May 2021

Downloads

The Covid-19 pandemic affects all sectors of life. The government has made various efforts to respond to the impact of the pandemic, but the success of government efforts is determined by public perceptions. Communities have an important role in shaping collective behavior in responding to pandemic disasters, there are people who respond well to pandemic disasters and there are people who underestimate pandemic disasters. The formation of public perceptions is caused by the lack of knowledge about the pandemic and the virus itself, so it is necessary to form public perceptions about the Covid-19 pandemic through disaster risk management. This community service activity aims to provide understanding and public awareness as a preventive effort in shaping the public's perception of responding to the Covid-19 pandemic. This community service activity is carried out by means of socialization and training to the community in Suko Sewu District, Bojonegoro Regency. The results of the pre-test and post-test on the practical knowledge of the community showed an average increase of 85 percent. With these results, it can help the public in forming perceptions about the Covid-19 pandemic and can transmit these perceptions to the surrounding community.

 

abstrak

Pandemi Covid-19 berdampak pada semua sektor kehidupan. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya dalam merespons dampak pandemi tersebut akan tetapi keberhasilan upaya pemerintah ditentukan oleh persepsi masyarakat. Masyarakat memiliki peran penting dalam membentuk perilaku kolektif dalam merespons bencana pandemi, terdapat masyarakat yang menyikapi bencana pandemi dengan baik dan terdapat masyarakat yang menganggap remeh bencana pandemi. Pembentukan persepsi masyarakat disebabkan oleh minimnya pengetahuan mengenai pandemi maupun virus itu sendiri sehingga perlu untuk membentuk persepsi masyarakat mengenai pandemi Covid-19 melalui disaster risk management. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan kesadaran masyarakat sebagai upaya preventif dalam membentuk persepsi masyarakat merespons pandemi Covid-19. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan cara sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat di Kecamatan Suko Sewu Kabupaten Bojonegoro. Hasil pre-test dan post-test terhadap pengetahuan praktis masyarakat menunjukkan peningkatan rata-rata sebesar 85 persen. Dengan hasil ini dapat membantu masyarakat dalam membentuk persepsi mengenai pandemi Covid-19 dan dapat menularkan persepsi tersebut kepada masyarakat sekitar.

Most read articles by the same author(s)