EDUKASI SAINS TEKNOLOGI “PERAN NANOTEKNOLOGI DALAM KEHIDUPAN” MELALUI BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK ANAK USIA DINI DI INDONESIA

education early children role of nanotechnology story books

Authors

  • Mochamad Lutfi Firmansyah Program Studi Rekayasa Nanoteknologi, Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Intan Nurul Rizki Program Studi Rekayasa Nanoteknologi, Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Arief Cahyo Wibowo Department of Applied Sciences, College of Arts and Sciences, Abu Dhabi University, Abu Dhabi, United Arab Emirates
  • Ilma Amalina Program Studi Rekayasa Nanoteknologi, Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Prastika Krisma Jiwanti Program Studi Rekayasa Nanoteknologi, Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Tahta Amrillah Program Studi Rekayasa Nanoteknologi, Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Dhurriah Zain Program Studi Rekayasa Nanoteknologi, Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Septian Nafiatul Khasanah Program Studi Rekayasa Nanoteknologi, Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Rani Naomi Panjaitan Program Studi Rekayasa Nanoteknologi, Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Fadjar Mulya Program Studi Rekayasa Nanoteknologi, Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Retno Sari
    retno-s@ff.unair.ac.id
    Program Studi Rekayasa Nanoteknologi, Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin, Universitas Airlangga, Indonesia
November 24, 2021

Downloads

Abstract

Scientific literacy is the main key to face challenges in the 21st century to solve problems in everyday life such as water and food, energy, disease, and climate change. Lack of understanding of 'what is nano', the foundation of various disciplines, widely used jargons, and various scientific terms that are difficult to understand, make nanotechnology difficult to be accepted by the wider community. However, this can be overcome by simplifying these complex concepts and presenting them in an interesting way. Media such as story books, infographic posters, interactive videos can be used to explain complex concepts in a simple form. Abroad, there are many story books that raise the concept of nanotechnology and present it in a simple and interesting way. Therefore, the form of picture story books for early childhood and elementary schools can be an effective delivery medium for the concept of nanotechnology.

Keywords: education, early children, role of nanotechnology, story books 

Abstrak

Literasi sains merupakan kunci utama untuk menghadapi berbagai tantangan pada abad 21 untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari seperti air dan makanan, energi, penyakit, dan perubahan iklim. Hal ini juga berdampak terhadap kurangnya pengetahuan masyarakat Indonesia terhadap teknologi yang berkembang saat ini, salah satunya nanoteknologi. Kurangnya pemahaman tentang ‘apa itu nano’, fondasi dari macam-macam disiplin ilmu, jargon-jargon yang banyak dipergunakan, dan berbagai istilah ilmiah yang sulit dipahami, menyebabkan nanoteknologi sulit diterima oleh masyarakat luas. Namun, hal ini bisa diatasi dengan penyederhanaan konsep-konsep rumit ini dan menyajikannya dengan cara yang menarik. Hal ini sudah banyak dilakukan oleh bidang ilmu lain. Media seperti, buku cerita, poster infografis, video interaktif dapat digunakan untuk menjelaskan konsep rumit dalam bentuk yang sederhana. Di luar negeri sudah banyak buku cerita yang mengangkat konsep nanoteknologi dan menyajikannya secara sederhana dan menarik. Oleh karena itu, bentuk buku cerita bergambar untuk anak usia dini dan sekolah dasar dapat menjadi media penyampaian yang efektif untuk konsep nanoteknologi.

Kata kunci: anak usia dini, buku cerita, peran nanoteknologi, pendidikan

Most read articles by the same author(s)