PENDIDIKAN DAN APLIKASI NANOTEKNOLOGI DALAM KEHIDUPAN TERHADAP SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Ilma Amalina Deparment of Nanotechnology Engineering, Faculty of Advanced Technology and Multidiscipline, Universitas Airlangga, Indonesia, Indonesia
  • Prastika Krisma Jiwanti Deparment of Nanotechnology Engineering, Faculty of Advanced Technology and Multidiscipline, Universitas Airlangga, Indonesia, Indonesia
  • Tahta Amrillah Deparment of Nanotechnology Engineering, Faculty of Advanced Technology and Multidiscipline, Universitas Airlangga, Indonesia, Indonesia
  • Intan Nurul Rizki Deparment of Nanotechnology Engineering, Faculty of Advanced Technology and Multidiscipline, Universitas Airlangga, Indonesia, Indonesia
  • Mochamad Lutfi Firmansyah Deparment of Nanotechnology Engineering, Faculty of Advanced Technology and Multidiscipline, Universitas Airlangga, Indonesia, Indonesia
  • Arief Cahyo Wibowo Department of Applied Sciences, College of Arts and Sciences, Abu Dhabi University, Abu Dhabi, United Arab Emirates, United Arab Emirates
  • Bastoni Semendawai Deparment of Nanotechnology Engineering, Faculty of Advanced Technology and Multidiscipline, Universitas Airlangga, Indonesia, Indonesia
  • Muchammad Farchan Hanif Deparment of Nanotechnology Engineering, Faculty of Advanced Technology and Multidiscipline, Universitas Airlangga, Indonesia, Indonesia
  • Fadjar Mulya Deparment of Nanotechnology Engineering, Faculty of Advanced Technology and Multidiscipline, Universitas Airlangga, Indonesia, Indonesia
  • Retno Sari
    retno-s@ff.unair.ac.id
    Department of Pharmaceutics, Faculty of Pharmacy, Universitas Airlangga, Indonesia
30 March 2022

Downloads

Salah satu dari tiga pilar pendidikan tinggi atau tridharma di Indonesia adalah pengabdian kepada masyarakat bagi sivitas akademika untuk melatih inovasi dan teknologi yang ditunjukkan dengan kemampuannya dan memberikan manfaat bagi banyak orang. Untuk itu, dosen Departemen Teknik Nanoteknologi, Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin, Universitas Airlangga Surabaya mengadakan program pengabdian masyarakat yang diberi nama "Penerapan Nanoteknologi dalam Kehidupan: Pendidikan pada Siswa SMA” yang bertujuan untuk menyebarluaskan pengetahuan dan informasi tentang nanoteknologi khususnya untuk siswa sekolah menengah. Sebagai inovasi dan teknologi terkini, nanoteknologi masih belum populer di kalangan pelajar SMA di Indonesia. Dengan demikian, pengabdian masyarakat ini juga diharapkan dapat meningkatkan dan menyeimbangkan pengetahuan masyarakat serta mendukung tujuan ke-4 Sustainable Development Goals (SDGs) untuk pendidikan berkualitas yang dilakukan secara online saat ini. Kegiatan tersebut diikuti oleh 129 peserta dari sekolah mitra (SMAN 1 Sidoarjo, SMAN 1 Pamekasan dan SMAN 1 Trenggalek) dan beberapa peserta dari sekolah nonmitra di Jawa Timur. Webinar ini dilakukan dengan mengklarifikasi penggunaan nanoteknologi dalam kehidupan sehari-hari serta contoh-contoh nanopartikel emas yang disintesis baik secara kimiawi maupun biologis. Perluasan dan transfer pengetahuan berhasil ditunjukkan dengan rata-rata skor post-test (68) meningkat berbanding terbalik dengan skor pre-test (54). Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang perkembangan teknologi terkini dan minat mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga nanoteknologi dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang ada di Indonesia.