PENDIDIKAN DAN APLIKASI NANOTEKNOLOGI DALAM KEHIDUPAN TERHADAP SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
Downloads
Salah satu dari tiga pilar pendidikan tinggi atau tridharma di Indonesia adalah pengabdian kepada masyarakat bagi sivitas akademika untuk melatih inovasi dan teknologi yang ditunjukkan dengan kemampuannya dan memberikan manfaat bagi banyak orang. Untuk itu, dosen Departemen Teknik Nanoteknologi, Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin, Universitas Airlangga Surabaya mengadakan program pengabdian masyarakat yang diberi nama "Penerapan Nanoteknologi dalam Kehidupan: Pendidikan pada Siswa SMA” yang bertujuan untuk menyebarluaskan pengetahuan dan informasi tentang nanoteknologi khususnya untuk siswa sekolah menengah. Sebagai inovasi dan teknologi terkini, nanoteknologi masih belum populer di kalangan pelajar SMA di Indonesia. Dengan demikian, pengabdian masyarakat ini juga diharapkan dapat meningkatkan dan menyeimbangkan pengetahuan masyarakat serta mendukung tujuan ke-4 Sustainable Development Goals (SDGs) untuk pendidikan berkualitas yang dilakukan secara online saat ini. Kegiatan tersebut diikuti oleh 129 peserta dari sekolah mitra (SMAN 1 Sidoarjo, SMAN 1 Pamekasan dan SMAN 1 Trenggalek) dan beberapa peserta dari sekolah nonmitra di Jawa Timur. Webinar ini dilakukan dengan mengklarifikasi penggunaan nanoteknologi dalam kehidupan sehari-hari serta contoh-contoh nanopartikel emas yang disintesis baik secara kimiawi maupun biologis. Perluasan dan transfer pengetahuan berhasil ditunjukkan dengan rata-rata skor post-test (68) meningkat berbanding terbalik dengan skor pre-test (54). Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang perkembangan teknologi terkini dan minat mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga nanoteknologi dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang ada di Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JLM by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA).
4. The Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA) license allows re-distribution and re-use of a licensed work on the conditions that the creator is appropriately credited and that any derivative work is made available under "the same, similar or a compatible license”. Other than the conditions mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.