PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI & KEUANGAN LEMBAGA MENGGUNAKAN MICROSOFT ACCESS
Downloads
Pendampingan dan pelatihan ini bertujuan untuk membekali siswa/i SMK meningkatkan kompetensi keahlian akuntansi & keuangan lembaga menggunakan Microsoft Access. Kompetensi ini menjadi sangat penting untuk meningkatkan daya saing lulusan SMK menghadapi dunia kerja. Pelatihan terbagi menjadi 3 (tiga) sesi yang terdiri atas peningkatan motivasi belajar; pengenalan dasar Microsoft Access; dan Microsoft Access for Accounting. Peserta pelatihan terdiri atas 100 siswa/i SKM Negeri 1 Grati, Pasuruan jurusan Akuntansi & Keuangan Lembaga (AKL). Evaluasi penilaian menggunakan skala 1 sampai dengan 10. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan kemampuan dasar sebesar rata-rata 20% sampai dengan 40%. Pelatihan ini juga memberikan rekomendasi pelatihan lanjutan berdasarkan hasil evaluasi. Pelatihan lanjutan hasil rekomendasi dari kegiatan ini adalah Pelaporan Keuangan; Teknis Pelaporan pajak; Analisa Kebangkrutan; dan Analisa Arus Kas. Pada akhirnya, pelatihan ini membawa manfaat lanjutan bagi siswa/i SMK Negeri Grati, Pasuruan beserta jajarannya.
Abdullah, R., Jabu, F. A., Salim, W., Ekonomi dan Bisnis Islam, F., & Sultan Amai Gorontalo, I. (2021). PENTINGNYA PROFESI AKUNTAN DALAM PENGEMBANGAN LAPORAN KEUANGAN DESA. Valuasi : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(2).
Aripratiwi, R. A., Ludigdo, U., & Achsin, M. (2017). MEMAKNAI SIKAP INTEGRITAS AKUNTAN PUBLIK DI KAP "CEMERLANG” SURABAYA (STUDI FENOMENOLOGI). Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, 7(1). https://doi.org/10.22219/jrak.v7i1.13
Diana, R., & Basri, H. (2021). Urgensi Etika Dalam Profesi Akuntan Di Lihat Dari Sudut Pandang Islam. Jurnal Economic Edu, 2(1).
Fatemi, D., Hasseldine, J., & Hite, P. (2020). The Influence of Ethical Codes of Conduct on Professionalism in Tax Practice. Journal of Business Ethics, 164(1). https://doi.org/10.1007/s10551-018-4081-1
Indrawati, N. (2009). Motivasi dan Minat Mahasiswa untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Pekbis Jurnal, 1(2).
Iswahyuni, Y. (2018). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN KARIR MENJADI AKUNTAN PUBLIK OLEH MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI STIE AKA SEMARANG. Jurnal Akuntansi : Kajian Ilmiah Akuntansi (JAK), 5(1). https://doi.org/10.30656/jak.v5i1.501
Litdia, L. (2020). Pengaruh Motivasi Kualitas, Motivasi Karir, Motivasi Ekonomi dan Biaya Ujian Terhadap Minat Dosen Memperoleh Sertifikasi Charterred Accountant (CA). ... Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA ....
Murtanto. (2017). SERTIFIKASI : UPAYA MEMANTAPKAN PROFESIONALISME AKUNTAN. Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi, 2(3). https://doi.org/10.25105/mraai.v2i3.1828
Ngumar, S. (2016). MENINGKATKAN PERAN AKUNTAN INDONESIA DI ERA GLOBALISASI. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3(1). https://doi.org/10.24034/j25485024.y1999.v3.i1.1881
Ramdani, M. R., & Lestari, I. A. (2019). Rekognisi Publik Pengguna Pelayanan Akuntan Terhadap Tingkat Moralitas Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 19(2). https://doi.org/10.29040/jap.v19i2.269
Saputra, B. D., & Sukirno, S. (2020). KESIAPAN KERJA SISWA PROGRAM AKUNTANSI PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.24651
Shanti, Y. K., & Kusumawardhany, S. S. (2021). Tantangan Dan Peluang Profesi Akuntan Di Era Milenial. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(3). https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i3.11424
Siregar, I. F. (2019). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Komputer Akuntansi Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kompetensi Dan Pembelajaran Bagi Guru Dan Siswa SMK N 1 Tapung. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 2(3). https://doi.org/10.35446/diklatreview.v2i3.311
Siswanto, S. (2020). PEMBELAJARAN AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PENANAMAN KARAKTER ANTI KORUPSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v18i1.31876
Tukino, & Harahap, B. (2021). Pembinaan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Dan Jasa Dengan MYOB Accounting V17 Pada SMK Batam Business School. Jurnal Pengabdian Barelang, 3(02). https://doi.org/10.33884/jpb.v3i02.3649
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JLM by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA).
4. The Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA) license allows re-distribution and re-use of a licensed work on the conditions that the creator is appropriately credited and that any derivative work is made available under "the same, similar or a compatible license”. Other than the conditions mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.