PERAN KAMPUS MENGAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI PADA SISWA SDN KLEPU 02, SEMARANG, JAWA TENGAH
Downloads
Kampus Mengajar (KM-2) merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diusung pemerintah guna membantu para tenaga pendidik SMP dan SD dalam proses pembelajaran. Kegiatan ini salah satunya dilangsungkan di SDN 02 Klepu, Semarang, Jawa Tengah yang diikuti oleh siswa kelas 2. Oleh karena target treatment adalah anak kelas rendah sehingga metode pembelajaran literasi yang digunakan yakni melalui sarana permainan yakni kartu huruf, permainan kata (word game), dan baca cepat. Tulisan ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran metode belajar sambil bermain terhadap peningkatan kemampuan literasi siswa kelas 2 SDN 02 Klepu. Sudut pandang yang digunakan yakni psikologi kognitif berdasarkan teori Gestalt. Data diperoleh melalui observasi dan studi literatur. Metode permainan tersebut berperan untuk membentuk persepsi awal pada anak dalam hal ini terkait huruf serta kata. Permainan yang diberikan kepada para siswa kelas 2 dilakukan secara bertahap. Hasilnya ditemukan bahwa cara tersebut cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa.
Aulina, Choirun Nisak. 2012. "Pengaruh Permainan Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun.” Pedagogia : Jurnal Pendidikan 1, no. 2: 131–43. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.36.
Devega, Evita. 2017. "TEKNOLOGI Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet Di Medsos.” Kominfo.Go.Id. 2017. https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media#:~:text=Fakta pertama%2C UNESCO menyebutkan Indonesia,1 orang yang rajin membaca! (16 Agustus 2022).
Direktorat Sekolah Dasar. 2022. "Kampus Mengajar.” Ditpsd.Kemdikbud.Go.Id. 2022. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kampus-mengajar (16 Agustus 2022).
Holis, Ade. 2016. "Belajar Melalui Bermain Untuk Pengembangan Kreativitas Dan Kognitif Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Universitas Garut 9, no. 1: 23–37. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/84/86.
Karnata, Kukuh Yudha, and Laily Hamida. 2021. "Pelatihan Penyusunan Konten Pembelajaran Daring Bagi Petugas Taman Baca Masyarakat Surabaya Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services) 5, no. 1: 75–83. https://doi.org/10.20473/jlm.v5i1.2021.75-83.
Oktavia, Linda Sari, Neviyarni, and Irdamurni. 2021. "Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar : Kajian Untuk Siswa Kelas Rendah.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 1: 1823–28.
Pautina, Amalia Rizki. 2018. "Belajar Pada Anak.” TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6: 14–28.
Ratnasari, Devi, Sunaryo Kartadinata, and Mamat Supriatna. 2022. "BERMAIN SEBAGAI METODE DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING (KAJIAN FILSAFIAH DAN ILMIAH).” Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia 8, no. 1: 95–106. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i1.6198.
Rohim, Cahya Dina, and Septina Rahmawati. 2020. "PERAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH DASAR.” Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian 6, no. 3: 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237.
Solihin, Lukman, Bakti Utama, Indah Pratiwi, and Novirina. 2019. Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan Dan Kebudayaan, Badan Penelitian Dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://repositori.kemdikbud.go.id/13033/1/Puslitjakdikbud_Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi.
Tirmansyah, Bambang. 2019. Model Pembelajaran Literasi Untuk Pembaca Awal. Jakarta Timur: Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Utami, Larasati Dyah. 2021. "Tingkat Literasi Indonesia Di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70 Negara.” Tribunnews.Com. 2021. https://www.tribunnews.com/nasional/2021/03/22/tingkat-literasi-indonesia-di-dunia-rendah-ranking-62-dari-70-negara?page=all (16 Agustus 2022).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JLM by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA).
4. The Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA) license allows re-distribution and re-use of a licensed work on the conditions that the creator is appropriately credited and that any derivative work is made available under "the same, similar or a compatible license”. Other than the conditions mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.