SOSIALISASI SISTEM LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT PADA MASYARAKAT DESA SEMANDING, KABUPATEN TUBAN

complaint management public services socialization

Authors

  • Putu Aditya Ferdian Ariawantara
    putu.aditya.ferdian.ariawantara@fisip.unair.ac.id
    Departemen Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Sulikah Asmorowati Departemen Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Erna Setijaningrum Departemen Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga, Indonesia
29 June 2020

Downloads

Significant changes in the development of science and technology have had an impact on the implementation of public services. The government is required to increasingly provide transparent and accountable public services to the wider community. Along with the development of technology, the method of submitting complaints about public services has also changed, people can now submit their complaints through a system called LAPOR (People's Aspiration Service and Online Complaints to the Community). However, not all levels of society understand how to use the system, so the Administration Department, FISIP, Airlangga University initiated a community service program to socialize the LAPOR system in Semanding Village, Semanding District, Tuban Regency. The method used is a seminar with a structured two-way interaction pattern so that it is more focused in discussing issues or complaints that exist in the village to be submitted to the government. 

abstrak

Perubahan yang signifikan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa dampak dalam implementasi pelayanan publik. Pemerintah dituntut untuk semakin menyediakan pelayanan publik yang transparan dan akuntabel kepada masyarakat luas. Seiring dengan perkembangan teknologi, metode penyampaian keluhan akan pelayanan publik juga ikut berubah, masyarakat saat ini bisa menyampaikan keluhannya melalui suatu sistem yang disebut LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat pada Masyarakat). Akan tetapi tidak semua lapisan masyarakat memahami bagaimana menggunakan sistem tersebut, sehingga Departemen Administrasi, FISIP, Universitas Airlangga menggagas kegiatan pengabdian masyarakat sosialisasi sistem LAPOR di Desa Semanding, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Metode yang digunakan adalah dengan seminar dengan pola interaksi dua arah yang terstruktur sehingga lebih terfokus dalam membahas mengenai permasalahan atau keluhan yang ada di desa untuk disampaikan kepada pemerintah. 

Most read articles by the same author(s)