PELATIHAN PENYUSUNAN KONTEN PEMBELAJARAN DARING BAGI PETUGAS TAMAN BACA MASYARAKAT SURABAYA DI MASA PANDEMI COVID-19
Downloads
Surabaya dideklarasikan sebagai kota literasi sejak 2014. Hal tersebut diwujudkan dengan didirikannya 1428 Taman Baca Masyarakat (TBM) di Surabaya mencapai 1428 TBM, dengan tenaga pendamping TBM mencapai 595 orang. Namun di masa pandemi Covid19 ini aktivitas pendidikan literasi di Surabaya berjalan tidak maksimal, untuk tidak dikatakan berhenti sama sekali. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti, belum adanya sistem media pembelajaran daring serta belum terampilanya petugas Taman Baca Masyarakat dalam memanfaatkan teknologi informasi sebagai ide penyusunan pembelajaran daring merupakan akar permasalahan. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk, pertama, menginisiasi penyusunan konten pendidikan literasi berbasis pembelajaran daring (elearning). Kedua, menyelenggarakan program pelatihan penggunaan media pembelajaran daring untuk tenaga petugas Taman Baca Masyarakat di Surabaya.
Kern, Richard. 2000. Literacy and Language Teaching. New York: Oxford University Press
Bell, B. S., & Federman, J. E. (2013). E-learning in postsecondary education. The Future of Children, 23(1), 165-185. Retrieved [insert date], from Cornell University, School of Industrial and Labor Relations site: http://digitalcommons.ilr.cornell.edu/articles/928
Wichadee, S. 2018. Significant predictors for effectiveness of blended learning in a language course. JALT CALL 14, No.1: 25-42
Kemendikbud, TIM GLN. 2017. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
JLM by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA).
4. The Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA) license allows re-distribution and re-use of a licensed work on the conditions that the creator is appropriately credited and that any derivative work is made available under "the same, similar or a compatible license”. Other than the conditions mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.