PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA DI BERBAGAI BIDANG KEILMUAN
Downloads
Literasi merupakan seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu. Terdapat enam literasi yang harus dikuasai peserta didik, orang tua, dan seluruh warga masyarakat menurut World Economic Forum yaitu baca tulis, literasi numerasi, literasi finansial, literasi sains, literasi budaya dan kewarganegaraan, serta literasi teknologi informasi dan komunikasi atau digital. Namun kemampuan ini tidak hanya berupa literasi secara umum, tetapi juga literasi dalam berbagai bidang keilmuan seperti literasi keuangan, literasi kesehatan, literasi sosial, dan literasi saintifik serta pengaruh antar bidang ilmu pengetahuan yang lain. Oleh karena itu, kuisioner tentang pengaruh literasi diberbagai bidang ilmu pengetahuan diperlukan. Berdasarkan hasil kuisioner yang telah dilakukan, dapat disimpulkan mahasiswa UNAIR semester 2 tahun angkatan 2021 sudah memiliki pemahaman mengenai kemampuan literasi dan pentingnya peran membaca dalam kemampuan literasi. Namun, kemampuan literasi mahasiswa semester 2 Universitas Airlangga terbilang masih kurang karena 62% responden masih melakukan kegiatan literasi hanya tergantung dari bacaannya saja, serta 86% responden masih mengalami kesulitan dalam memahami informasi yang dibaca.
Akbar, A. (2020). Minat Literasi Mahasiswa. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 2B(4), 1-4.
Kemenko PMK. (2021). Tingkat Literasi Indonesia Memprihatinkan, Kemenko PMK Siapkan Peta Jalan Pembudayaan Literasi Nasional. Diakses pada tanggal 15 April 2022 dari kemenkopmk.go.id
Anisa, Azmi Rizky, et al. (2021). "Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia.” Conference Series Journal, vol. 1, no. 1, 2021, pp. 1-12, ejournal.upi.edu. Accessed April 2022.
Kusnandar, V.B. (2019). Tingkat Literasi Pelajar Indonesia Masih Rendah. Diakses pada tanggal 15 April 2022 dari databoks.katadata.co.id.
Widyaiswara. (2016). Indonesia Darurat Literasi. Diakses pada tanggal 10 April 2022 dari kompasiana.com.
Karnanta, S.S., M.A, K. Y. (2021). Memikirkan Model Pendidikan Literasi Berbasis Kesurabayaan Untuk Taman Baca Masyarakat (Tbm) Di Surabaya. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 5(1), 65–74. https://doi.org/10.20473/jlm.v5i1.2021.65-74
"DITPKLK | Misi Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus | 2020.”
PMPK | Kemdikbud,
https://pmpk.kemdikbud.go.id/read-news/tujuan-gerakan-literasi-nasional. Diakses 16 April 2022.
New-Indonesia. (2019). Indonesia Darurat Literasi. Diakses pada tanggal 10 April 2022 dari new-indonesia.org.
Wikipedia Ensiklopedia Bebas, (2019). Indonesia Darurat Literasi. Diakses pada tanggal 15 April 2022 dari id.wikipedia.org.
Mansyur, U. (2020). Minat Baca Mahasiswa: Potret Pengembangan Budaya Literasi Di Universitas Muslim Indonesia, Jurnal Literasi. 4(2), 1-8.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JLM by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA).
4. The Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA) license allows re-distribution and re-use of a licensed work on the conditions that the creator is appropriately credited and that any derivative work is made available under "the same, similar or a compatible license”. Other than the conditions mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.