OPTIMALISASI PENGGUNAAN KOMBINASI FERMENTASI IKAN RUCAH DAN DEDAK PADI PADA PAKAN SEBAGAI SUBSTITUSI TEPUNG IKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN EFISIENSI PAKAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

Evi Widiastuti, Muhammad Arief, Agustono Agustono

= http://dx.doi.org/10.20473/jafh.v2i1.19508
Abstract views = 66 times | downloads = 6 times

Abstract


Ikan nila (Oreochromis niloticus) mudah berkembang biak, pertumbuhan cepat, ukuran badan relatif besar, tahan terhadap penyakit, mudah beradaptasi dengan lingkungan, harga relatif murah dan mempunyai nilai gizi yang cukup tinggi sebagai sumber protein hewani. Salah satu kendala yang dihadapi dalam proses pembudidayaan ikan nila (Oreochromis niloticus) yaitu tingginya harga bahan baku pembuatan pakan sehingga perlu dicari bahan baku pakan alternatif yang murah, berkualitas dan tersedia sepanjang waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan kombinasi fermentasi ikan rucah dan dedak padi pada pakan sebagai substitusi tepung ikan terhadap pertumbuhan dan efisiensi pakan ikan nila (Oreochromis niloticus). Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Makanan Ternak Fakultas Kedokteran Hewan dan Laboratorium Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan selama 40 hari  mulai tanggal 12 Januari - 21 Februari 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan dan empat ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah : 40% tepung ikan, 0% hasil fermentasi (kontrol) (P0), 34% tepung ikan, 6% hasil fermentasi (P1), 28% tepung ikan, 12% hasil fermentasi (P2), 22% tepung ikan, 18% hasil fermentasi (P3), 16% tepung ikan,24% hasil fermentasi (P4). Analisis data menggunakan Analisis Varian (Anova) dan untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan dilakukan Uji Jarak Berganda Duncan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian kombinasi fermentasi ikan rucah dan dedak padi pada pakan memberikan pengaruh yang berbeda (p<0,05) terhadap laju pertumbuhan, tetapi tidak memberikan pengaruh yang berbeda nyata (p>0,05) terhadap efisiensi pakan. Pertumbuhan terbaik pada perlakuan P3 (2,63%). Efisiensi tertinggi diperoleh pada perlakuan P3(57,82).

Keywords


Oreochromis niloticus; Fermentasi dedak padi dan ikan rucah; Pertumbuhan; Efisiensi pakan

Full Text:

PDF

References


Afrianto, I.E. dan Liviawaty, I.E., 2005. Pakan Ikan dan Perkembangannya. Kanisius. Yogyakarta.

Anggraeni, H.S., Fasa, R.R.P. dan Alma’rufah, U.K., 2010. Inovasi Pengolahan Limbah Tepung (ampas ketela) menjadi Pelet sebagai Makanan Alternatif pada Ikan. Website. http://community.um.ac.id.

Arie, U., 2000. Pembenihan dan pembesaran Nila GIFT. Bogor: Penebar Swadaya. pp. 7-10.

Hariadi, B., Haryono, A. dan Susilo, U., 2005. Evaluasi Efisiensi pakan Dan Efisiensi Protein Pada Ikan Karper Rumput (Ctenopharyngodon idella Val.) yang Diberi Pakan Dengan Kadar Karbohidrat Dan Energi Yang Berbeda. Ichthyos, 4(2), pp.87-92.

Jauncey, K. dan Ross, B., 1982. A guide to tilapia feeds and feeding. Institute of Aquaculture. Scotland: University of Stirling.

Khairuman, A. dan Amri, K., 2008. Budidaya Ikan Nila Secara Intensif. Agromedia Pustaka. Jakarta. p.7.

KKP, 2010. Rencana Strategis Kementrian Perikanan dan Kelautan 2010-2014. Kementrian Kelautan dan Perikanan, Jakarta.

Kusriningrum, R.S., 2008. Buku Ajar Perancangan Percobaan. Fakultas kedokteran Hewan Universitas Airlangga, Dani Abadi, Surabaya, pp. 65 - 125.

Lovell, T., 1989. Nutrition and feeding of fish (Vol. 260). New York: Van Nostrand Reinhold. p 105-123.

Mudjiman, A., 2004. Makanan Ikan Jilid 2. Penebar Swadaya. Jakarta. p. 87.

Rosmawati, 2005. Hidrolisis Pakan Buatan Oleh Enzim Pepsin dan Pankreas Untuk Meningkatkan Daya Cerna dan Pertumbuhan Benih Ikan Gurami (Osphronemus gouramy). Tesis. Sekolah Pasca Sarjana. Institut Pertania Bogor.

Suyanto, S.R., 2011. Pembenihan dan pembesaran nila. PT Niaga Swadaya. p.17.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Evi Widiastuti, Muhammad Arief, Agustono Agustono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing by:

      

     

  

 

JAFH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Flag Counter