Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Puzzle terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Niat Terkait Konsumsi Sayur dan Buah pada Anak Sekolah Dasar Negeri Dupak I Surabaya

Edukasi gizi Niat Pengetahuan Sayur dan buah Theory of Planned Behavior

Penulis

June 30, 2024
Photo by Ross Sneddon on Unsplash

Latar Belakang: Tingkat konsumsi sayur dan buah masyarakat Indonesia pada umumnya masih rendah yaitu sebesar 95,5%. Anak yang mengonsumsi sayur dan buah dalam jumlah sedikit berpotensi menderita gizi buruk. Kelompok umur yang rentan gizi salah satunya adalah anak sekolah.

Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi menggunakan media puzzle terhadap peningkatan pengetahuan dan niat terkait konsumsi sayur dan buah pada anak Sekolah Dasar Negeri Dupak 1 Surabaya.

Metode: Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan menggunakan pre-post test design. Sampel penelitian yang digunakan sebesar 44 orang (22 murid kelompok perlakuan dan 22 murid kelompok kontrol), dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner pengetahuan, konstruk Theory of Planned Behavior, dan niat. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Paired T-test dan Independent T-test.

Hasil: Uji Paired T-test menunjukkan bahwa seluruh variabel terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Sedangkan uji Independent T-test menunjukan bahwa terdapat perbedaan perubahan sikap (p=0,004) dan norma subjektif (p=0,025) antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Pemberian edukasi dengan media puzzle efektif dalam merubah sikap dan norma subyektif responden.

Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada variabel pengetahuan, sikap, norma subjektif, persepsi kendali perilaku, dan niat sebelum dan sesudah diberi edukasi gizi terkait sayur dan buah pada kedua kelompok. Pemberian edukasi dengan media puzzle efektif untuk perubahan sikap dan norma subyektif pada responden jika dibandingkan dengan media poster.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>