Kajian Literatur: Studi Intervensi Media Edukasi Visual dan Audiovisual terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja tentang Anemia di Negara Berkembang
Downloads
Latar belakang: Peningkatan kebutuhan zat gizi pada masa remaja akibat adanya pertumbuhan dan menstruasi yang dialami remaja putri menyebabkan remaja putri rentan terkena kurang darah. Anemia merupakan kondisi yang menunjukkan kadar hemoglobin darah kurang dari standar. Rendahnya pengetahuan remaja tentang anemia merupakan salah satu faktor penyebab tidak langsung. Ada banyak jenis media yang dapat digunakan dalam menyampaikan edukasi tentang anemia baik media visual maupun audiovisual.
Tujuan: Menganalisisi artikel tentang efektivitas media edukasi gizi terhadap peningkatan pengetahuan remaja dalam pencegahan anemia.
Ulasan: Penelitian ini adalah studi literatur dengan mengumpulkan artikel yang memiliki relevansi terhadap topik tertentu yang bisa diperoleh dan dipublikasi di berbagai sumber. Dari sembilan artikel terdapat lima artikel yang menunjukan terjadinya peningkatan skor rata-rata pengetahuan remaja setelah diberikan edukasi dengan menggunakan media visual, satu artikel yang menunjukan terjadi peningkatan skor pengetahuan setelah diberi edukasi dengan media audiovisual, dan tiga artikel yang menunjukan bahwa setelah diberikan edukasi dengan menggabungkan media visual dan audiovisual berdampak pada peningkatan skor rata-rata pengetahuan remaja.
Kesimpulan: Media visual dan audiovisual efektif digunakan secara bersamaan untuk membantu meningkatkan pengetahuan remaja dalam pemberian edukasi gizi tentang anemia. Dalam penyampaian edukasi gizi mengenai anemia pada remaja disarankan untuk menggunakan kombinasi media visual dan audiovisual secara bersamaan untuk mendapatkan hasil yang efektif.
Diananda, A. Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. J. ISTIGHNA 1, 116–133 (2019).
Priyanto, L. D. The Relationship of Age, Educational Background, and Physical Activity on Female Students with Anemia. J. Berk. Epidemiol. 6, 139 (2018).
Cahyati, D. P., Simanjuntak, B. Y. & Rizal, A. Peningkatan Kadar Hemoglobin Remaja Putri dengan Pemberian Kukis Pelangi Ikan Gaguk (Arius thalassinus). J. Kesehat. 11, 223 (2020).
WHO. Overview Anaemia. https://www.who.int/health-topics/anaemia#tab=tab_1 (2021).
Kaimudin, N. Skrining dan Determinan Kejadian Anemia pada Remaja Putri SMA Negeri 3 Kendari Tahun 2017. J. Ilm. Mhs. Kesehat. Masy. Unsyiah 2, 185793 (2017).
Kemenkes RI. Pesan Untuk Remaja Putri Indonesia. https://www.kemkes.go.id/article/view/18112300003/pesan-untuk-remaja-putri-indonesia-cantik-itu-sehat-bukan-kurus.html (2018).
Laksmita, S. Hubungan Pengetahuan Remaja Putri Tentang Anemia DenganKejadian Anemia Di Kabupaten Tanggamus. J. keperawatan XIV, (2018).
Mariza, A. Hubungan Pendidikan Dan Sosial Ekonomi Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Di Bps T Yohan Way Halim Bandar Lampung Tahun 2015. Kesehat. Holistik 10, 5 (2016).
Edison, E. Hubungan Tingkat Pengetahuan Anemia Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil. J. JKFT 4, (2019).
Nurrita, T. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. J. Phys. Conf. Ser. 1321, 171–187 (2018).
Fadhilah, D., Ninuk, T., Hartini, S. & Gunawan, I. M. A. Efektifitas Penyuluhan tentang Sayuran Menggunakan Media " Kartu Sayuran ” terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar. J. Nutr. 19, 100–105 (2017).
Sulisyowati, A. M. Pengaruh Penyuluhan dan Media Poster Tentang Anemia Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Pada Santriwati (Studi Di Pondok Pesantren Al-Bisyri Kota Semarang). J. Kesehat. Masy. 7, (2019).
Yadav, P. A Study to Assess The Effectiveness of Video Assisted Teaching on Knowledge Regarding Anemia Among The Young Adolescent Girls Between (16-18 Years) of Age Group at Selected PU College at Hassan. (Rajiv Gandhi University of Health Sciences, Bangalore, Karnataka, 2018).
Chifdillah, N. A. Perbedaan Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audiovisual dan Media Visual Terhadap Pengetahuan Mahasiswa Tentang Covid-19. Mahakam Midwifery J. 6, (2021).
Yusoff, H. Nutrition Education and Knowledge , Attitude and Hemoglobin Status of. Univ. Sains Malaysia 43, 192–200 (2012).
Gani, U. A. Analisis Diskriminan Untuk Mengelompokkan Negara Maju dan Negara Berkembang Dengan Metode Fisher. J. Geuthee 01, 1–12 (2018).
Jaelani, M. Faktor- Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri. J. Kesehat. 12, 78–90 (2017).
Aguscik, R. Pengaruh Status Gizi Terhadap Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Di Daerah Endemik Malaria Kota Bengkulu. JPP (Jurnal Kesehat. Poltekkes Palembang) 14, 96–99 (2019).
Rahmad, A. H. Al. Pengaruh Asupan Protein dan Zat Besi (Fe) terhadap Kadar Hemoglobin pada Wanita Bekerja. J. Kesehat. VIII, 321–325 (2017).
Mashtalina, H. Pola Konsumsi (FAktor Inhibitor dan Enhancer Fe) dan Status Anemia Remaja Putri. (Poltekkes Mataram, 2015).
Martini. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri Di MAN 1 Metro. Kesehat. Metro Sai Wawai 1, 13–19 (2015).
Marfuah, D. The Effectiveness of Nutrition Education on Improving Iron Intake in Teenage Daughter. Profesi 14, 5–9 (2016).
Ayub, R. A. Improving health literacy of women about iron deficiency anemia and civic responsibility of students through service learning. Educ. Heal. Chang. Learn. Pract. 28, 130–137 (2015).
Jalambo, M. O. Improvement in Knowledge, Attitude and Practice of Iron Deficiency Anaemia among Iron-Deficient Female Adolescents after Nutritional Educational Intervention. Glob. J. Health Sci. 9, 15
(2017).
Bandyopadhyay, L. Intervention For Improvement Of Knowledge On Anemia Prevention: A School-Based in A Rural Area Of West Benggal. Int. J. Heal. Allied Sci. 7, 145–150 (2017).
Gandhi, S. Effectiveness of Video Teaching Programme on Knowledge about Anaemia among Countryside Children with Anaemia. Int. J. Nurs. Educ. 11, 144 (2019).
Alami, A. The effect of educational intervention on iron and vitamin D consumption based on the theory of planned behaviour in Iranian adolescent girls: a quasi-experimental study. Int. J. Heal. Promot. Educ. 57, 316–331 (2019).
Singh, M. Knowledge, Attitude and Practice Change about Anemia after Intensive Health Education among Adolescent School Girls of Delhi: An Intervention Study. Int. J. Med. Public Heal. 9, 71–73 (2019).
Nurhayani, S. The effect of edutainment usage on improving knowledge, attitudes, balanced nutrition fulfilling behavior in the prevention of anemia and changes in hemoglobin levels in adolescent girl (case study of SMPN 4 banjarbaru). Indian J. Public Heal. Res. Dev. 10, 1435–1440 (2019).
Zuraida, R. The effect of anemia free club interventions to improve adolescent dietary intakes in Bandar Lampung city, Indonesia. Open Access Maced. J. Med. Sci. 8, 145–149 (2020).
Gambir, J. A nutrition diary-book effectively increase knowledge and adherence of iron tablet consumption among adolescent female students. J. Gizi dan Diet. Indones. (Indonesian J. Nutr. Diet. 8, 87 (2020).
Mulyono. Strategi Pembelajaran Di Abad Digital. Journal of Chemical Information and Modeling vol. 53 (2018).
Lubis, Z. S. Pengaruh Penyuluhan Dengan Metode Ceramah dan Diskusi Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Anak Tentang PHBS Di Sekolah Dasar Negeri 065014 Kelurahan Namogajah Kecamatan Medan Tuntungan Tahun 2013. vol. 3 (Universitas Sumatera Utara, 2013).
Rideout, V. The Common Sense Census: Media Use By Tweens and Teens. Common Sense Media 1–104 (2019).
Hastuti, E. N. P. D. Penggunaan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III Di SD Muhammadiyah 16 Surakarta. (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2019).
Rahayu, R. T. Meningkatan Daya Ingat Melalui Penggunaan Media Mind Mapping Pada Anak Kelompok B1 TK LKMD Singosaren Banguntapan. (Universitas Negeri Yogyakarta, 2014).
Yanty, E., Nasution, P. & Siregar, F. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi. J. Tarbawi J. Ilmu Pendidik. 15, 205–221 (2019).
Iman, Z. I. Penggunaan Media Visual Dalam Peningkatan Kemampuan Melaksanakan Shalat Fadhu Di MI Muhammadiyah Pancasila. (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, 2018).
Hasan, H. Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasanbelajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Pada Siswa Kelas IV Sd Negeri 20 Banda Aceh. J. Pesona Dasar 3, 22–33 (2016).
Copyright (c) 2022 Amerta Nutrition
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AMERTA NUTR by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA).
4. The Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA) license allows re-distribution and re-use of a licensed work on the conditions that the creator is appropriately credited and that any derivative work is made available under "the same, similar or a compatible license”. Other than the conditions mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.