Kontribusi Supermarket Lokal "Ada Baru” terhadap Akses Pangan Ibu Rumah Tangga di Kota Salatiga
Downloads
Latar Belakang: Perkembangan supermarket di Indonesia dipengaruhi oleh peningkatan populasi, antusiasme daya beli masyarakat dan permintaan kebutuhan produk yang dikonsumsi serta pertambahan pendapatan. Namun, pertambahan pendapatan tidak sepenuhnya mendukung pertumbuhan ritel di perkotaan karena terdapat perbedaan kelas sosial ekonomi. Disisi lain, perbedaan kelas sosial ekonomi membantu bertumbuhnya supermarket lokal, yang dapat membantu menjembatani masyarakat kelas menengah bawah untuk menikmati modernisasi, dalam sektor makanan dan pengadaan makanan. Kondisi tersebut juga berpengaruh pada peran perempuan dalam ketahanan pangan. Perempuan berperan penting dalam upaya untuk merencanakan, mengelola, dan menyiapkan pangan untuk keluarga. Konsumsi skala rumah tangga berkontrIbusi tinggi terhadap supermarket lokal.
Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi supermarket lokal dalam memberikan akses pangan Ibu rumah tangga di Kota Salatiga.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui teknik photovoice dan akan dianalisis menggunakan analisis tematik.
Hasil: Hasil eksplorasi dari penelitian ini memunculkan 4 tema besar yaitu memori bersama Ada Baru, akses dan fasilitas supermarket lokal Ada Baru, daya tarik Ada Baru: produk, cara membayar, dan persaingan harga, dan pelayanan yang diberikan terhadap konsumen.
Kesimpulan: Supermarket Ada Baru memiliki kontrIbusi terhadap konsumsi pangan rumah tangga, hal itu juga didukung oleh era globalisasi. Era globalisasi meningkatkan kebiasaan berbelanja dan makan yang berkembang. Sehingga menyebabkan transformasi yang cepat ke makanan olahan.
Reardon, T., Tmmer, C. P., Barrett, C. B. & Berdegu´e, J. The Rise of Supermarkets in Africa, Asia, and Latin America. Amer. J. Agr. Econ. 85, 1140–1146 (2003).
Soliha, E. Analisis Industri Ritel di Indonesia. J. Bisnis dan Ekon. 15, 128–143 (2008).
Martinus, H. Analisis Industri Retail Nasional. Humaniora 2, 1309–1321 (2011).
Puji Astuti, Ramlah, SE., M. S. Dampak Supermarket Terhadap Pedagang Pasar Tradisional dan Perkembangan Ekonomi Kota Cirebon. Jurnal Ilmiah UMMI, Volume 10,03, 29–36 (2017).
Yulita, F. H., Simanjuntak, M. & Sartono, B. Shopping Behavior of Indonesian Customer in Modern Retail. Russ. J. Agric. Socio-Economic Sci. 88, 95–101 (2019).
Suryadarma, D., Poesoro, A., Budiyati, S., Akhmadi & Rosfadhila, M. Dampak Supermarket terhadap Pasar dan Pedagang Ritel Tradisional di Daerah Perkotaan di Indonesia. Lembaga Penelitian SMERU (2007).
Pechey, R. & Monsivais, P. Supermarket Choice, Shopping Behavior, Socioeconomic Status, and Food Purchases. Am. J. Prev. Med. 49, 868–877 (2015).
Siagian, A. Peranan Perempuan dalam Peningkatan Ketahanan Pangan Keluarga. 222–226 (2012).
Shamadiyah, N. & Nasution, P. The Role of Women in Food Security ( Case Study of Rice Farmers in Blang Pala The Role of Women in Food Security ( Case Study of Rice Farmers in Blang Pala Village , Banda Baro District , Aceh Utara Regency ). Indian J. Public Heal. Res. Dev. Vol. 9, (2018).
Wulan, F. R. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi Rumah Tangga dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung) Skripsi. (2018).
Sudaryana, A. Perilaku Konsumen dalam Berbelanja pada Supermarket di Yogyakarta. Akmenika UPY, Yogyakarta 8, 67–83 (2011).
Colón-Ramos, U. et al. How Latina Mothers Navigate a ‘Food Swamp' to Feed Their Children: A photovoice approach. Public Health Nutr. 20, 1941–1952 (2017).
Mufidah, N. L. Pola Konsumsi Masyarakat Perkotaan: Studi Deskriptif Pemanfaatan Foodcourt oleh Keluarga. BioKultur 2, 157–178 (2012).
Chintamany, Y. Landasan Konseptual Perencanaan dan Perancanganjogja Fashion Center di Yogyakarta. (2009).
Haryono, A. Sejarah (Sosial) Ekonomi: Teori Metodologi Penelitian dan Narasi Kehidupan. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0,5&cluster=7759860212476359655 (2011).
Gates, K. Introduction Of Frozen Foods: A Timeline. https://www.supermarketnews.com/print/42688 (2000).
Wiltshire Farm Food. Timeline: A History of Frozen Food - Who Invented Frozen Food? https://www.wiltshirefarmfoods.com/blog/a-timeline-history-of-frozen-food (2018).
Putra, E. R., Soedjono, S. & Maryani, Z. Menyusun Kembali Ingatan dan Kenangan dalam Staged Photography. spectÄ J. Photogr. Arts, Media 2, 47–56 (2019).
Dewi, N. A. N. L. & Kusuma, A. A. G. A. A. Peran Kepuasaan dalam Memediasi Pengalaman Berbelanja terhadap Minat Beli Kembali. E-Jurnal Manajemen, 8, 5591–5610 (2019).
Alwafi, F. & Magnadi, R. H. Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi, Kepercayaan terhadap Toko dan Pengalaman Berbelanja terhadap Minat Beli Secara Online pada Situs Jual Beli Tokopedia.com. Diponegoro J. Manag. Vol. 5, 1–15 (2016).
Ghosh, P., Tripathi, V. & Kumar, A. Customer Expectations of Store Attributes: A Study of Organized Retail Outlets in India. J. Retail Leis. Prop. 9, 75–87 (2010).
Tambunan, S. & Handayani, W. Minat Beli Ulang Kartu Perdana Nomor Cantik Simpati ( Studi Dicomtech Shop Surabaya ). Manaj. Bisnis - MEBIS 1, (2017).
Simanungkalit, C. L. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Melakukan Pembelian pada Irian Supermarket Aksara. (2020).
Ngongo, I. Alasan-Alasan Konsumen dalam Melakukan Pembelian di Super Market Carrefour Ambarukmo Plaza Yogyakarta. (Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2010).
Dean, W. R. & Sharkey, J. R. Rural and Urban Differences in the Associations Between Characteristics of The Community Food Environment and Fruit and Vegetable Intake. J. Nutr. Educ. Behav. 43, 426–433 (2011).
Smith, C. & Miller, H. Accessing the Food Systems in Urban and Rural Minnesotan Communities. J. Nutr. Educ. Behav. 43, 492–504 (2011).
Yoo, S. J. & Chang, Y. J. An Exploratory Research on the Store Image AttrIbutes Affecting Its Store Loyalty. Seoul J. Bus. 11, (2005).
Watanabe, E. A. D. M., Lima-filho, D. D. O. & Torres, C. V. Store Image AttrIbutes and Customer Satisfaction in Supermarkets in Campo Grande-Ms. REMark - Rev. Bras. Mark. Sí£o Paulo 12, 85–107 (2013).
Carpenter, J. M. & Moore, M. Consumer Demographics, Store Attributes, and Retail Format Choice in the US Grocery Market. Int. J. Retail Distrib. Manag. 34, 434–452 (2006).
Theodoridis, P. K. & Chatzipanagiotou, K. C. Store Image Attributes and Customer Satisfaction Across Different Customer Profiles Within the Supermarket Sector in Greece. Eur. J. Mark. 43, 708–734 (2009).
Stafford, A. Merchandise Mix. ttps://marketingbinder.com/glossary/merchandise-mix-definition/ (2014).
Pan, Y. & Zinkhan, G. M. Determinants of retail patronage: A meta-analytical perspective. J. Retail. 82, 229–243 (2006).
Helgesen, í˜., Ivar Håvold, J. & Nesset, E. Impacts of store and chain images on the ‘quality-satisfaction-loyalty process' in petrol retailing. J. Retail. Consum. Serv. 17, 109–118 (2010).
Huddleston, P., Whipple, J., Mattick, R. N. & Lee, S. J. Customer satisfaction in food retailing: Comparing specialty and conventional grocery stores. Int. J. Retail Distrib. Manag. 37, 63–80 (2009).
Hosseini, Z., Jayashree, S. & Malarvizhi, C. Store Image and Its Effect on Customer Perception of Retail Stores. Asian Soc. Sci. 10, (2014).
Endang, P. Analisis Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Pada Departemenstore/Supermarket Di Salatiga (Endang Purwanti). 4, 1–19 (2011).
Gajanayake, R. & Surangi, H. A. K. N. S. The Impact Of Selected Visual Merchandising Techniques On Patronage Intentions In Supermarkets (Study Based On Colombo District) Authors A Review of Small & Medium
Scale Enterprises Development & Constrains in Sri Lanka View project Roll of Intrapreneursh. https://www.researchgate.net/publication/269387090 (2011).
Tyas, S. R. N. & Suprapto, B. Pengaruh Kebersihan, Musik, Aroma, Pencahayaan, Warna, dan Display pada Niat Beli Konsumen (Studi pada Matahari Departement Store di Yogyakarta). (2015).
Kotler, P. Manajemen Pemasaran Jilid 1. (PT Perhalindo, 2011).
Hariyadi, G. T. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Berbelanja di Minimarket (Studi pada Indomaret dan Alfamart di Semarang). J. Penelit. Ekon. dan Bisnis 1, 16–32 (2016).
Hanus, G. The Impact of Globalization on the Food Behaviour of Consumers – Literature and Research Review. CBU Int. Conf. proceedings. 6, 170–174 (2018).
Henry, F. J. Globalization Challenges to Family Nutrition in the Caribbean: The Way Forward. J. Fam. Med. Dis. Prev. 2, (2016).
Copyright (c) 2022 Amerta Nutrition

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AMERTA NUTR by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA).
4. The Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA) license allows re-distribution and re-use of a licensed work on the conditions that the creator is appropriately credited and that any derivative work is made available under "the same, similar or a compatible license”. Other than the conditions mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.