Efektivitas Buku Edukatif Berbasis Games Terhadap Perubahan Pengetahuan Serta Sikap Tentang Sayur Dan Buah
Downloads
Background: school-age children is a child's growth and development period so that the optimal nutrient intake is needed both in quality and quantity. Low intake of vegetables and fruits as a source of micronutrients is one of the dietary deviation problems in school-age children.
Objective: The purpose of this research was to analyze the effect of nutrition education by a game-based educational book to the changes of knowledge and attitude of fruit and vegetable consumption in the fifth-grade student.
Methods: this research was a quantitative used pre-experiment research design of one group pre-post test. The samples were 34 students of fifth grade from the Elementary School of Suko 1 Sidoarjo, selected by simple random sampling. This research conducted for a month, consisted of 4 sessions of the lesson, each session hold for about 60 minutes. Data were collected by questionnaires and game-based educational book media. The bivariate data were analyzed by paired t-test.
Result: the result showed that there was a significant different of knowledge (p=0.000) and attitude (p = 0.038) after nutrition education by game-based educational book about vegetables and fruit consumption.
Conclusion: the conclusion of this study is nutrition education by a game-based educational book can improve the knowledge and changes in attitude of consumption of vegetables and fruit in elementary school students.
ABSTRAK
Latar Belakang: Usia anak sekolah merupakan masa tumbuh kembang anak sehingga dibutuhkan asupan zat gizi secara optimal baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Rendahnya asupan sayur dan buah sebagai sumber zat gizi mikro merupakan salah satu kesalahan pola makan pada anak usia sekolah adalah.
Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan pengetahuan serta sikap konsumsi sayur dan buah siswa kelas 5 SDN Suko1 Sidoarjo setelah diberi pendidikan gizi melalui media buku edukatif berbasis games.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pra-experiment with one group pre-post test. Sampel penelitian sebesar 34 siswa kelas 5 SDN Suko 1 Sidoarjo yang dipilih secara simple random sampling. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan dengan penyampaian materi sebanyak 4 kali selama kurang lebih 60 menit untuk tiap pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam proses pengumpulan data meliputi kuesioner dan buku edukatif berbasis games. Analisis data bivariat yang digunakan pada penelitian ini adalah uji paired t-test.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan (p=0,000) dan sikap (p=0,038) yang signifikan antara sebelum dan setelah diberi pendidikan gizi.
Kesimpulan: pendidikan gizi melalui media buku edukatif berbasis games mampu meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa tentang sayur dan buah.
Adriani M, Bambang W. Peranan Gizi dalam Siklus Kehidupan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group; 2014.
Devi N. Gizi Anak Sekolah. Jakarta: Kompas; 2012.
Mohammad A, Siti M. Konsumsi Buah dan Sayur Anak Usia Sekolah Dasar di Bogor. Jurnal Gizi Pangan 2015;10(1):71–6.
Santosa A. Serat Pangan (Dietary Fiber) dan Manfaatnya Bagi Kesehatan. Magistra 2011;23(75):35–40.
WHO. Report of a Joint WHO/ FAO Expert Consultation: Diet, Nutrition, and the Prevention of Chronic Disease. Geneva: WHO; 2003.
Kementerian Kesehatan RI. Riset Kesehatan Dasar 2013 Provinsi Jawa Timur. Jakarta;
Dwi A. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Konsumsi Sayur dan Buah. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah; 2013.
Noia J., Contento I. Fruit and Vegetable Availability Enables Adolescent Consumption that Exceeds National Average. Nutrition Research 2010;30(6):396–402.
Noia J., Carol B. Adolescent Fruit and Vegetable Intake: Influence of Family Support and Moderation by Home Availability of Relationships with Afrocentic Value and Teste Preferences. Academy of Nutrition and Dietetics 2013;113(6):803–7.
Kementerian Kesehatan RI. Strategi Nasional Penerapan Pola Konsumsi Makanan dan Aktivitas Fisik. Jakarta; 2012.
Machfoedz I, Suryani E. Pendidikan Kesehatan Bagian dari Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Fitramaya; 2007.
Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta; 2012.
Bertalina. Pengaruh Promosi Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Gizi Seimbang Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Rajabasa Kota Bandar Lampung. Jurnal Kesehatan [Internet] 2015;6(1):56–63. Available from: http://poltekkes-tjk.ac.id/ejurnal/index.php/JK/article/view/26
Anam A. Upaya Peningkatan Motivasi Belajar melalui Layanan Informasi dengan Takhnik Game. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Bimbingan, dan Konseling 2014;2(1):83–91.
Hamdalah A. Efektivitas Media Bergambar dan Ular Tangga dalam Pendidikan Kesehatan Gigi dan Mulut Siswa SDN 2 Patrang Kebupaten Jember. Jurnal Promosi Kesehatan 2013;1 (2):118–23.
Guarian M. What Could He be Thinking? How a Man's Mind Really Works. New York: ST Martin's Griffin;
Wong D., Eaton, Wilson D, Winkelstein M., Schwartz P. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Edisi 6 Volume 2. Jakarta: ECG; 2009.
Ahmed, Fausat F, John, Naphatali. Socioeconomic Characteristis and Food Diversity Among High Income Household: a case Study of Maiduguri Metropolis, Borno State, Nigeria. American Journal of Social and Management Science 2014;5(1):19–26.
Mubarak W. Promosi Kesehatan Untuk Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika; 2012.
Putri R., Sulastri D, Lestari Y. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Nanggalo Padang. Jurnal Kesehatan Andalas 2015;4(1):254–61.
Hardinsyah. Review Faktor Determinan Keragaman Konsumsi Pangan. Jurnal Gizi dan Pangan 2007;2(2):55–74.
Daryanto. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya; 2013.
Rohim AN, Zulaekah S, Kusumawati Y. Perbedaan Pengetahuan Anemia pada Remaja Putri Setelah Diberi Pendidikan Dengan Metode Ceramah Tanpa Media dan Ceramah dengan Media Buku Cerita. Jurnal Kesehatan 2016;1(2):60–71.
Safitri C., Wilujeng C., Handayani D. Perbedaan Metode Team Game Tournament dan Ceramah Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pemilihan Jajanan Sehat. Indonesian Journal of Human Nutrition 2014;1(2):89–105.
Sartika RAD. Penerapan Komunikasi, Informasi , dan Edukasi Gizi terhadap Perilaku Sarapan Siswa Sekolah Dasar Implementation of Communication , Information , and Education on Nutrition towards Primary School Students Breakfast Behavior. Jurnal Kesehatan Nasional 2012;7(2):76–82.
Rapiasih N., Prawiningdyah Y, Lestari L. Pelatihan Hygiene Sanitasi dan Poster Berpengaruh terhadap Pengetahuan, Perilaku Penjamah Makanan, dan Kelaikan Hygiene Sanitasi di Instalasi Gizi RSUP Sanglah Denpasar. Jurnal Gizi Klinik Indonesia 2010;7(2):64–73.
Nuryanto, Pramono A, Puruhita N, Muis SF. Pengaruh pendidikan gizi terhadap pengetahuan dan sikap tentang gizi anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Indonesia 2014;3(1):121–5.
Ramadhani1 R, Siagian2 A, Lubis2 Z. Pengaruh Penyuluhan Gizi Tentang Makanan Beragam Bergizi Seimbang Dan Aman Melalui Buku Cerita Bergambar Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Anak Sekolah Dasar Negeri 060895 Medan. Jurnal Gizi, Kesehatan Reproduksi, dan Epidemiologi 2015;1(5):1–6.
AMERTA NUTR by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA).
4. The Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA) license allows re-distribution and re-use of a licensed work on the conditions that the creator is appropriately credited and that any derivative work is made available under "the same, similar or a compatible license”. Other than the conditions mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.