Hubungan Anemia Dengan Prestasi Belajar Siswi Di SMP Unggulan Bina Insani

adolescent anaemia menstrual pattern learning achievement

Authors

  • Pratiwi Retno Ayu Dumilah
    ayudumilah99@gmail.com
    Departemen Gizi Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat-Universitas Airlangga, Indonesia
  • Sri Sumarmi Departemen Gizi Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat-Universitas Airlangga, Indonesia
27 December 2017

Downloads

Crossref
Scopus
Google Scholar
Europe PMC

Background: Anaemia is one of the nutritional problems that still occur in the community. Teenagers especially adolescent girls are one of the groups who are susceptible to anaemia. The causes of anaemia in adolescents include low intake of nutrients especially iron, menstrual patterns, worm infections, malaria, genetic diseases, and others. Anaemia in adolescents causes decreased levels of fitness, immune, memory, and concentration. Low concentration power causes decreased learning ability and will affect adolescent learning achievement.

Objectives: The purpose of this study was to analyze the rel ationship between anaemia with student achievement in Unggulan Bina Insani Junior High School.

Methods: The design used in this study was cross sectional with a sample size of 56 female students. Data collection was conducted by interview using questionnaires for the characteristics of parents, characteristics of female students and menstrual pattern. Hb levels obtained from blood collection in veins, then analyzed by cyanmethemoglobin method. Average number of grades received by the school. Statistical test used were chi square and eta correlation.

Results: The results showed students who suffered anemia as much as 21.4%. Most girls had normal menstruation, regular cycles, and entering menstrual period at the age of ≥12 years. There was a relationship between menstrual pattern with anaemia (p=0.026). The results also showed anaemia relationship with student achievement (p=0.042).

Conclusions: Students without anaemia will have an increased learning achievement. However, it should be noted also other factors that affect anaemia and student achievement such as nutrition intake, knowledge, environment, motivation and learning.

 

ABSTRAK

 

Latar Belakang: Anemia merupakan salah satu masalah gizi yang masih terjadi di masyarakat. Remaja khususnya remaja putri merupakan salah satu kelompok yang rentan menderita anemia. Penyebab anemia pada remaja diantaranya asupan zat gizi yang rendah terutama zat besi, pola menstruasi, infeksi cacing, penyakit malaria, genetik, dan lainnya. Anemia pada remaja menyebabkan penurunan tingkat kebugaran, daya imun, daya ingat, dan daya konsentrasi. Daya konsentrasi yang rendah menyebabkan kemampuan belajar menurun dan akan mempengaruhi prestasi belajar remaja.

Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara anemia dengan prestasi belajar siswi di SMP Unggulan Bina Insani.

Metode: Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah cross sectional dengan sampel sebesar 56 siswi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner untuk karakteristik orang tua, karakteristik siswi dan pola menstruasi. Kadar Hb diperoleh dari pengambilan darah pada pembuluh darah vena, kemudian dianalisis dengan metode cyanmethemoglobin. Rata-rata jumlah nilai mata pelajaran yang diperoleh dari pihak sekolah. Uji statistik yang digunakan adalah chi square dan korelasi eta.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan siswi yang menderita anemia sebanyak 21,4%. Sebagian besar siswi memiliki lama menstruasi normal, siklus yang teratur, dan memasuki masa menstruasi pada usia ≥12 tahun. Terdapat hubungan antara lama menstruasi dengan anemia (p=0,026). Hasil penelitian juga menunjukkan adanya hubungan anemia dengan prestasi belajar siswi (p=0,042).

Kesimpulan: Siswi yang tidak mengalami anemia akan memiliki prestasi belajar yang meningkat. Akan tetapi, perlu diperhatikan pula faktor lain yang mempengaruhi anemia dan prestasi belajar siswi seperti asupan zat gizi, pengetahuan, lingkungan, motivasi dan cara belajar.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>