Perbedaan Kepuasaan Pasien Terhadap Makanan Dengan Sistem Penyelenggaraan Outsourcing Dan Swakelola Di RS Islam Jemursari Surabaya
Downloads
Background : Patient satisfaction is one of expected outputs of food provision. Food service system selection, especially in the hospital, will influence food and foodservice quality, which can influence patient's acceptance and food intake.
Objectives: The Purpose of this study was to analyze the difference between food satisfaction on foodservice as outsouching and self operated based on food quality and foodservice quality which had been held in RS Islam Jemursari Surabaya.
Method : The study was a description research with cross sectional design. The study used two kinds of data, which were secondary data (to know the patient satisfaction of food by outsourcing system) and primaly data (to know the patient satisfaction of food by self operated system). Measures of food and foodservice quality by outsourcing system was same by self operated system. Population of the study were all of patient which in 2 and 3 class at Azzahra 1'room, Azzahra 2'room, and Mawar'room so that sampels of the study in each food service system were 43 patients. Analysis test used was Mann Whitney test.
Results : The result of the statistical analysis showed that there was no significant difference in food quality (p<0.100) and total food satisfaction (p>0.100), but there was significant difference in foodservice quality (p<0.100).
Conclusion : Patient satisfaction of food by outsourcing system was no difference from the patient satisfaction of food by self operated system.
ABSTRAK
Latar belakang : Kepuasan makan pasien merupakan salah satu output yang diharapkan oleh suatu penyelenggara makanan. Pemilihan dalam sistem penyelenggaraan makanan khususnya di rumah sakit akan mempengaruhi kualitas dan pelayanan makanan yang nantinya juga akan berpengaruh pada daya terima dan asupan makan pasien.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kepuasan makanan pasien pada penyelenggaraan makanan secara outsourcing dan swakelola berdasarkan kualitas makanan dan kualitas pelayanan makanan yang telah dilaksanakan di RS Islam Jemursari Surabaya.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain penelitian cross sectional. Penelitian ini menggunakan dua jenis data yakni data sekunder (untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap makanan pada saat sistem outsourcing) dan data primer (untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap makanan pada sistem swakelola). Ukuran kualitas makanan dan kualitas pelayanan makanan yang digunakan pada saat survey outsourcing sama dengan yang digunakan saat swakelola. Populasi pada penelitian ini adalah semua pasien kelas 2 dan 3 yang ada di Ruang Azzahra 1, Azzahra 2, dan Mawar dengan sampel penelitian masing-masing sistem penyelenggaraan sebanyak 43 pasien. Uji analisis yang digunakan adalah uji Mann Whitney.
Hasil : Hasil analisis statistik dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan bermakna pada kualitas makanan (p>0,100) dan kepuasan makanna total (p>0,100), namun ada perbedaan bermakna pada kualitas pelayanan makanan (p<0,100).
Kesimpulan : Kepuasan makan pasien pada penyelenggaraan makanan sistem outsourcing tidak berbeda dengan kepuasan makan pada penyelenggaraan sistem swakelola.
Menteri Kesehatan. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 56 Tahun 2014 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Undang-Undang. 2014. Available from http://manajemenrumahsakit.net. Diakses pada tanggal 12 Januari.2017.
Menteri Kesehatan. Menteri Kesehatan RI Nomor 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Undang-Undang. 2008. Available from http://www.pelkesi.or.id. Diakses pada tanggal 12 Januari 2017.
Menteri Kesehatan. Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit. 2013. Available from http://gizi.depkes.go.id. Diakses pada tanggal 10 Januari 2017.
Semedi, P., Kartasurya, M., Hagnyonowati. Hubungan Kepuasan Pelayanan Makanan Rumah Sakit dan Asupan Makanan dengan Perubahan Status Gizi Pasien (Studi di RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak). Jurnal Gizi Indonesia 2013; 2(1) : hal 32-41. Available from http://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgi/article/download/6343/5313. Diakses pada tanggal 02 Maret 2017.
Dall'Oglio, I., Nicolo, R., Ciommo, V, D., Bianchi, N., Ciliento, G., Gawronski, O., Pomponi, M., Roberti, M., Tiozzo, E., Raponi, M. A Sistematic Review of Hospital Foodservice Patient Satisfaction Studies. Journal of The Academyof Nutrition and Dietetic 2015; 115(4) : 567-584. Available from http://ac.els-cdn.com. Diakses pada tanggal 16 Januari 2017.
Yuliana, D. Penilaian Mutu Makanan pada Sistem Penyelenggaraan Makanan yang Berbeda di RSU Dr. Zainoel Abidin dan di RS Kesdam Banda Aceh. Tesis. Universitas Gadjah Mada, 2007. p. 20-27.
Anonim. Profil Kesehatan RS Islam Jemursari 2016. Instalasi Gizi RSI Jemursari Surabaya. 2016
Pramono, A.,dan Widyastuti, N. Manajemen Jasa Boga. Yogyakarta : Graha Ilmu. 2014. P. 45 – 48.
Fallon, A, Gurr, S., Jones, M, H., Bauer, J, D. Use of The Acute Care Hospital Foodservice Patient Satisfaction Questionnaire to Monitor Trends in Patient Satisfaction With Foodservice at an Acute Care Private Hospital. Nutrition and Dietetics Journal. 2008; 65 (1) : page 41-46. Available from http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1747-0080.2007.00219.x/abstract;jsessionid=00D41AF5F2E01F4EEC3BBE7D104EB19F.f02t04. Diakses pada tanggal 20 Februari 2017.
Aliffianti, R. Tingkat Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Makanan Di Rumah Sakit Aisyyah Purworejo. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta, 2015. Hal. 15 -24. Available from http://eprints.uny.ac.id. Diakses Pada tanggal 16 Januari 2017.
Gobel, S, Y., Prawiningsih, Y., dan Budiningsih, R, Menu Pilihan Diit Nasi Yang Disajikan Berpengaruh Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien VIP di Rumah Sakit Umum Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Gizi Klinik Indonesia 2011; 7(3) : hal 136 – 145. Available from https://jurnal.ugm.ac.id/jgki/article/viewFile/17755/11525. Diakses pada tanggal 30 Juli 2017.
Damayanti, S. Hubungan Variasi Menu, Besar Porsi, Sisa Makanan, dan Tingkat Kepuasan Pasien Pada Makanan Lunak di Rumah Sakit Umum Daerah Cengkareng. Skripsi. Universitas Esa Unggul Jakarta, 2014. p. 5 – 7.
Kotler, P., Keller, K, Marketing Management (13th ed). New Jersey : Prentice Hall International, Inc. 2009. p. 32 – 33.
Wulansari, A., Setiawan, B., Sinaga, T. Penyelenggaraan Makanan dan Tingkat Kepuasan Konsumen di Kantin Zea Mays Institut Pertanian Bogor. Jurnal Gizi dan Pangan 2013; 8 : Hal 151 – 158. Available from http://jurnal.ipb.ac.id/index.php/jgizipangan/article/download/7693/5959. Diakses pada tanggal 28 Juli 2017.
Moehyi, S. Penyelenggaraan Makanan Institusi dan Jasa Boga. Jakarta: Bharata. 1992.
Nurqisthy, A., Adriani, M., Muniroh, L. Hubungan Kepuasan Pelayanan Makanan dan Tingkat Kecukupan Energi dan Protein dengan Status Gizi Pasien di RSUA Surabaya. Media Gizi Indonesia; 20161(1): hal 32 – 39.
Jessri, M., Mirmiran, P., Jessri, M., Johns, N., Rashidkhani, B., Amiri, P., Barfmal, N., Azizi, F. A Qualitative Difference. Patients'view of Hospital Food Service in Iran. Appetite Journal 2011; 57 : page 530-533. Available from http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0195666311005113 Diakses pada tanggal 20 Februari 2017.
Messina, G., Fenucci, R., Vencia, F., Niccolini, F., Quercioli, C., Nante, N. Patients' Evaluation of Hospital Foodservice Quality in Italy : What Do Patient Really Vallue ?. Public Health Nutrition 2012; 16(4) : page 730-737. Available from https://www.cambridge.org/core/services/aop-cambridge-core/content/view/4C686C7E8B5FA9711B4A781CFA7F92B4/S1368980012003333a.pdf/div-class-title-patients-evaluation-of-hospital-foodservice-quality-in-italy-what-do-patients-really-value-div.pdf. Diakses pada tanggal 16 Januari 2017.
Kustiyoasih, M., Adriani, M, Nindya, T, S. Penyelenggaraan Makanan dan Kepuasan Konsumen di Lantai 2 Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya. Media Gizi Indonesia, 2016; 11(1). Hal : 11 – 16.
Johns, N., Hartwell, H., Morgan, M. Improving The Provision of Meals in Hospital. The Patients'Viewpoint. Appetite Journal, 2010; 54 : page 181 -185. Available from http://ac.els-cdn.com/S0195666309006424/1-s2.0-S0195666309006424-main.pdf?_tid=10ead4e8-3015-11e7-8d9c-00000aacb35e&acdnat=1493825449_09bbc64453d98a93c0b70832d8be20d3 Diakses pada tanggal 03 April 2017
Imron, M. Manajemen Logistik Rumah Sakit. Jakarta : CV Agung Seto. 2009. hal. 10 – 12
AMERTA NUTR by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA).
4. The Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA) license allows re-distribution and re-use of a licensed work on the conditions that the creator is appropriately credited and that any derivative work is made available under "the same, similar or a compatible license”. Other than the conditions mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.